Jumat, 05 September 2014

Tips Memilih Daycare

Belum lama ini ada berita tentang penganiayaan balita di daycare di Jakarta. Kalau denger berita seperti itu, pasti sebagai orang tua, kita akan merasa "marah" dan tidak tega akan penganiayaan tersebut. 
Saya pun sebagai orang tua yang juga menitipkan anak di daycare sempet merasa "deg" juga, tetapi setelah itu merasa aman juga, karena anak-anakku ada di tempat yang "aman".

Saya akan mencoba sharing tips memilih daycare yang "aman" , yaitu :
  1. Cari Informasi Daycare. Carilah sebanyak mungkin informasi tentang daycare yang ada di sekitar rumah atau di sekitar lokasi tempat orangtua bekerja. Kalau perlu luangkan waktu untuk menyusuri jalan-jalan (siapa tau ada daycare disekitar tempat tersebut ) , karena beberapa daycare belum memiliki website.  
  2. Survey Langsung ke Lokasi. Sempatkan datang ke semua lokasi daycare (harus ya, karena nantinya kita tiap hari bakalan datang kesana,hehe), mintalah informasi tentang cara pengasuhan, jadwal kegiatan anak-anak, konsumsi untuk anak, pendidikan untuk anak, dan jangan lupa tanyakan juga tarifnya. Mintalah untuk diantar ke setiap sudut ruangan, dan mintalah penjelasan tentang ruangan tersebut. 
  3. Latar Belakang Daycare. Cari tahu juga pemilik / yayasan yang menaungi daycare tersebut, apakah dari yayasan gereja, masjid, pribadi, nasional, pemerintah dan lain sebagainya. Karena menurut saya, wajib kita mengetahuinya demi kepentingan keamanan anak-anak kita, jadi ada pertanggungjawabannya.
  4. Lihat Kondisi Anak-anak di daycare. Pada saat kita survey, lihat juga bagaimana anak-anak yang dititipkan disana, apakah mereka ceria, tak terkendali, banyak yang menangis atau bagaimana. Pakailah intuisi kita sebagai orangtua untuk mengukur hal ini, apakah anak kita cocok di titipan di situ atau tidak.
  5. Berinteraksi dengan Pengasuh. Cobalah berinteraksi dengan beberapa pengasuh yang ada, apakah mereka terlihat baik atau tidak, bagaimana cara mereka memperlakukan anak-anak, biasanyanya akan terlihat kok, mereka baik atau tidak. nah ini juga pakai intuisi kita 
  6. Trial Beberapa Jam. Biasanya dari pihak daycare akan memberikan waktu untuk trial, kita bisa melihat apakah anak-anak kita cocok disana atau tidak. Biasanya feeling anak-anak juga tajam.
  7. Tentukan Pilihan .Pastikan kita memilih daycare yang menurut kita cocok bagi anak-anak kita, kalau perlu saat survey, ajak beberapa kenalan kita untuk turut serta melihat kondisi daycarenya, jadi bisa memberikan masukan juga. Nah, carilah teman yang juga menitipkan anak di daycare, tanyakan sebnayak mungkin informasi yang ada.
  8. Trial and Error. Apabila kesan pertama berbeda dengan kenyataan setelah kita menitipkan, misal tingkah laku anak berubah setiap pulang dari daycare ( misal selalu ketakutan, tidak ceria saat kita jemput, atau keanehan lainnya ). Hentikan menitipkan anak disana, JANGAN sungkan-sungkan untuk memindahkan anak kita. 
Nah diatas beberapa tips yang dapat saya sampaikan, apabila nanti ada masukan lagi, akan saya tambahkan lagi. Yang terpenting, anak- anak kita bisa enjoy dan ceria di daycare. Tetap pantau terus perkembangan anak.
Semoga bermanfaat

Our Journey

Daisypath Anniversary tickers