Senin, 27 November 2017

Tentang Diet GM ( General Motor) yang ku jalani

Kali ini aku mau mencoba mengulas tentang diet GM yang aku ambil dari beberapa artikel.

Apa itu diet GM?
Diet GM yang dikenal dengan Diet General Motor ini mengharuskan untuk membatasi menu makan selama 7 hari. 
Diet GM ini pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat, yang dipelopori oleh perusahaan otomotif ternama yang berhasil diterapkan pada beberapa karyawannya, yaitu General Motors, yang menyatakan bahwa diet dengan cara ini dinilai efektif dan aman dalam menurunkan berat badan. Bayangkan saja, Anda melakukan program diet dengan rasa bebas dari lapar. Program diet ini pun mampu menaikkan stamina tubuh manusia. Para jajaran General Motors pun telah bangga memiliki program diet ini karena mampu menaikkan daya saing produk perusahaan General Motors

Aturan Diet GM selama 7 hari :
HARI 1
Menu yang harus dikonsumsi pada hari pertama adalah buah-buahan kecuali buah pisang. Buah yang sangat disarankan adalah buah yang mengandung banyak air seperti buah melon, semangka dan pepaya. Pada hari pertama ini, Anda tetap diperbolehkan makan hingga kenyang.
HARI 2
Menu yang harus dikonsumsi pada hari kedua adalah sayur-mayur, tidak ada batasan jenis sayur, semua jenis sayur boleh dikonsumsi, baik secara mentah maupun secara matang (dimasak).
HARI 3
Menu yang harus dikonsumsi pada hari ketiga adalah kombinasi buah dan sayur. Namun perlu diperhatikan bahwa buah pisang tetap dilarang untuk dikonsumsi.
HARI 4
Menu yang harus dikonsumsi pada hari keempat adalah pisang dan susu. Dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang sebanyak 8 buah dan 3 gelas susu. Jika Anda tidak menyukai susu sapi, Anda juga bisa menggantinya dengan susu kedelai. Sebaiknya susu yang dikonsumsi adalah susu rendah lemak.
HARI 5
Menu yang harus kita konsumsi pada hari kelima adalah daging sebanyak 500 gr dan 6 buah tomat. Untuk daging, Anda dapat mengkonsumsi daging sapi atau ayam, atau jika Anda seorang vegetarian, tempe bisa jadi makanan pengganti. Anda juga diperbolehkan mengkonsumsi makanan seperti hamburger.
Jika Anda tikak suka dengan tomat, Anda dapat menggantinya dengan belimbing manis.
HARI 6
Di hari keenam ini, dapat mengkonsumsi makanan kombinasi antara sayur dan daging atau ikan.
HARI 7
Di hari terakhir atau hari ke-7, konsumsi beras merah, jus buah, dan sayuran.

Catatan:
Program diet GM sebaiknya hanya dilakukan satu bulan sekali untuk mencegah kekurangan gizi.
Selain itu selama masa diet, Anda harus minum air putih minimal 10 gelas sehari.

Perjuangan Dietku (Part II)

Lanjutan dari tips diet yang lalu...aku dan suami sudah sering ngobrolin tentang diet dan penurunan berat badan karena ya itu, kami berdua memang sudah melenceng jauh dari target body goal kami berdua...Dari zaman setelah menikah dulu, kami punya keinginan untuk punya berat badan yang ideal menurut kami diangka kami masing- masing saat menikah dulu, BB ku sekitaran 48kg dan suami 79 atau 80 kg kalau ga salah, sedangkan body goal kami ada di angka 45 kg dan 75 kg...#wow gaya banget ya? Padahal 3 bulan setelah pernikahan itu, aku hamil dan selama hamil, total berat badanku jadi 72kg. mosok bisa nurunin berat badan jadi 45kg? #mimpi kali ye...

Balik lagi ke per-DIET-an sekarang ini...jadi ceritanya dimulai di awal Oktober kemarin, suami ndelalah lihat iklannya susu WRP untuk diet, trus tiba - tiba tanya, susu WRP itu harganya berapa? Aku jawab aja mahal, suami bilang mahal itu berapa? Masuk ga itungannya? Trus aku browsing kisaran harganya dan aturan minumnya. Suami juga nanya kira-kira mau dan sanggup ngga minum susu itu? Aku sih mau mau aja, aku bilang nyoba 1 paket aja dulu, trus di observasi, aku sanggup atau tidak njalaninnya. Kan dari dulu aku sudah terbiasa nyemil dan kalau terlambat makan aja bisa pusing, hehehe...Tapi kalau belum dicoba, bagaimana bisa tau yak??

Pendek kata, setelah di hitung-hitung, masuklah anggarannya kalau minumnya sesuai dengan aturan dietnya. Meskipun bagiku, agak menguras kantong sih, menurutku lho ya...

Aku mulai nyari-nyari secara online, harganya berapa, dapetlah harga termurah yang paket 6 hari sekitar Rp. 252.000 saat itu kalau ga salah. Jadi seharinya sekitar 42rb, itu aturan untuk 2x minum di pagi dan malam hari, siangnya makan seperti biasa ( tapi aku juga sudah mulai mengurangi porsi makanku juga sih...) 
Dah deh, akhirnya klak klik beli online deh, tunggu 2 hari, nyampe deh tuh susu WRP ke tanganku, hehehe....besok paginya baru deh dimulai perjalanan dietku

Tanggal 4 Oktober 2017 pagi, aku memulai sarapanku dengan segelas susu WRP, enak sih rasanya, berasa kenyang juga. Nanti jeda antara sarapan dan makan siang, kalau lapar nyemil 1 bungkus berisi 2 keping biskuit dari WRP juga, rasanya mirip goodtime, cuma ngga semanis goodtime, menurutku enak juga sih..
Makan siang seperti biasa, nasi, sayur dan lauk-pauknya. Aku mulai ngurangi makan gorengan di jam makan siang, sebisa mungkin bawa bekal dari rumah, biar makanannya terkontrol.

Selama 6 hari itu, berat badanku turun sekitar 1-1.5 kg...wahhh seneng dong...
Oya, sebelum diet dimulai itu, aku juga beli timbangan badan dulu, jadi biar bisa mengontrol berat badannya, aku catet tiap kali nimbang badan di pagi dan malam hari sebelum tidur. Jadinya kau tau, awal diet beratku berapa, selama dan setelah selesai diet jadi berapa.

Saking senengnya bisa turun berat badannya, aku jadi pengen beli susu diet yang lain, aku nyobain susu dari kalbe namanya Slim Fit, harganya lebih murah sih, jadi susu WRPnya sekotak isi 12 sachet ( sekali minum 2 sachet) harganya sekitar 95 ribu, harga susu Slim Fit isi 6 sachet ( 1 sachet untuk membuat segelas susu) harganya kisaran 85ribu. Beli deh 2 karton. 

Berat ngga sih ngawali diet itu?

Pastinya berat lah ya, aku yang terbiasa kondisi perut selalu kenyang, tiba-tiba harus dikurangi jatah makanannya. Rasa lapar seing melanda, tapi demi terwujudnya bdan yang sehat dan bonus langsing, ya ditahan dikitlah lapernya, apalagi pas malam menjelang tidur, duh duh perutnya bunyi-bunyi terus, hihihihi...
Untungnya aku tipe orang yang bisa tidur dalam kondisi laper, kan tidak semua orang bisa ya begitu..Suamiku aja susah tidur kalau perutnya lagi laper, pasti nyari-nyari makanan dulu, hehehe...

Selang 1.5 minggu kebetulan ada temen yang ngepost tentang diet GM ( General Motor Diet) langsung deh aku chat dia, aku tanya- tanya tentang tata cara dietnya...eh, malahan doi ngasih banyak banget tips -tips dietnya, malahan ngasih file PDF juga.

Cara-cara diet GM ada disini ya...
Kayaknya kok bisa ini, diet GMnya, gampang cara-caranya dan aku seperti doyan makanan yanga harus dimakan, hehehe...Langsung deh hari berikutnya aku mulai diet GM ini, meskipun diet ini juga masih banyak kekurangannya. Tetep ya, kalau kita mau diet, harus tau dengan kondisi tubuh kita masing-masing lho ya, jangan sembarangan diet.

Dari awal diet yang dimulai dengan susu WRP, trus lanjut diet GM (dilakukan 1x siklus dalam periode 1 bulan, tapi aku nyoba 2x siklus dalam waktu sebulan, hehehe)
Selama kurang lebih hampir 2 bulan ini, berat badanku berkurang 5-6 kg. Senangnya.....
Baju, celana dan seragam kantor jadi kelonggaran semua deh....hehehe
Jadinya bongkar-bongkar baju lama yang ada di gudang juga untuk nyari baju-baju jaman langsing dulu yang masih bisa dipakai, hehehe....
Foto jaman bulet banget ini, sekarang sih masih bulet, tapi ga sebulet 3 bulan yang lalu dengan berat badan sekitar 56 atau 57 kg, soalnya saat itu aku belum punya timbangan badan, hehehe...
Ini saat berat badanku 57kg

Sekarang? Berat badanku jadi 52kg. Hmmm foto terbarunya belum ada neh...nanti deh kalau pas ada waktu aku buat foto before dan afternya...







Rabu, 22 November 2017

Perjuangan Dietku, Tips Sebelum melakukan Diet ( Part I)

Diet...
Yah, satu kata ini, gampang banget di ucapin, susah buat dilakuin...apalagi kalau di instagram follow nya akun akun masak dan kuliner, pasti semangat untuk diet itu selalu ada, tapi nglakuinnya pasti besok, besok dan besok lagi...sampai sering denger tuh istilah DIET MULAI BESOK  hehehe


Itu yang aku alami, padahal jarum timbangan bukannya bergerak ke kiri, tapi malah terus ke kanan...duhhh gimana ini...Pak Suami juga sudah warning, katanya badanku sudah kayak karung goni...wew, iyakah?##sambil ngaca, nggak juga ahhh...cuma bulet aja kok...dan ga berbentuk...hihihi

Tapi tetep aja, sembarang makanan dimakan, dari jajanan yg tinggi gula, tinggi kalori, berminyak dan banyak lagi jajanan yang nggak banget buat menu sehat...tapi memang enak sih, makanan-makanan itu...hehehe #plak

Dan olahraga pun juga ga pernah dilakuin...Lahhh kalau gaya hidupnya seperti itu, gimana jarum timbangannya bisa bergerak ke kiri??

Sebenarnya, untuk bisa memulai diet itu, harus dimulai dari keinginan dan semangat dari dalam diri, semangat itu harus terus membara, kalau cuma sekarang diet, besok ngga diet..itu sama juga bohong...malahan, kalau menurutku rugi banget, dah susah-susah diet, ehh besoknya dilanggar...kan rugi ya??

Sebelum mulai diet, aku punya tips -tips nya agar diet berhasil, ( ini menurut aku lho ya...) Yuks cuzz:
  • Carilah sebuah alasan yang sangat kuat, kenapa mau susah -susah ngelakuin diet. Misalnya, pengen terlihat langsing, atau pengen tambah sehat atau pengen nyenengin suami (buat yang sudah merit ya ini)
  • Buatlah sebuah tabel atau apalah yang berisi catatan tentang diet yang dijalani. Misalnya tabel yang berisi catatan berat badan, lingkar pinggang, lingkar dada, lingkar paha, lingkar lengan dan lain lain yang selalu di isi dari hari ke hari, pagi bangun tidur berapa, malam sebelum tidur berapa 
  • Sebaiknya menggunakan timbangan yang sama dalam mengukur berat badan, jadi kita bisa tau perkembangan berat badan kita dari hari ke hari, apakah turun atau malahan naik? Hihihi. Kalau menggunakan timbangan yang berbeda, nanti bisa kacau tabelnya...karena timbangan badan dirumah terkadang jika sudah dipakai dalam waktu yang lama kan jarang ya dikalibrasikan lagi?
  • Browsing atau carilah informasi tentang diet sebanyak- banyaknya, saat ini buanyak banget metode - metode diet yang diperkenalkan, sangat banyak. Sebisa mungkin, pelajari semua metode- metode yang ada, lalu pilihlah metode yang dirasa paling cocok untuk kita ikuti metodenya.
Nah itu tadi beberapa tips sebelum menjalani diet menurutku, kalau ada teman - teman yang mau menambahkan, boleh banget lho...silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar ya...terima kasih sebelumnya...

Aku mo cerita neh, awal aku diet. Jadi aku mulai diet awal Oktober 2017, tepatnya dimulai tangggal 3 Oktober 2017 sampai pertengahan November ini aku sudah turun 5kg lho...lumayan lah, karena dari beberapa artikel yang aku baca, diet yang baik seharusnya turunnya sedikit demi sedikit, jangan terlalu drastis, takutnya malah tidak sehat dan bisa jadi berat badannya malah kayak yoyo. 
Mau tau bagaimana cerita dietku? Lanjut di part II ya....

Selasa, 10 Januari 2017

Cerita Liburan Akhir dan Awal Tahun

Akhir tahun 2016 ini, Bap tiba-tiba ngajak kami sekeluarga ke Purwokerto dan sekitarnya, tujuan utamanya adalah Gua Maria Kaliori di Purwokerto dan pastinya tujuan wisata yang "berair" untuk anak-anak..

Kami punya waktu 3 hari 2 malam di Purwokerto, yaitu hari sabtu sampai dengan senin siang yang artinya harus mencari penginapan atau hotel disana. Persiapan kami hanya 2-3 hari untuk mencari hotel dan tujuan wisata lainnya, ide dari Bap ini memang agak dadakan..Untung jaman sekarang nggak susah untuk cari hotel, ada banyak sekali situs online yang menyediakannya. Langsung deh install aplikasinya d hp ku. Ada 2 aplikasi yg ku install yaitu Agoda dan Traveloka..
Klak klik klak klik...cari tanggal dan kota yang dimau....wow, tanggal 31 Des 2016, hotel-hotel yang bagus dan sesuai budget  full booking, sisa hotel berbintang banyak yang budgetku pastinya ga mencukupi,hehe dan harganya juga naik-naik ke puncak gunung...
Pikir di pikir lagi, ya sudahlah ambil hotel bintang sedikit dulu aja untuk hari pertama, yang penting tengah kota, pikirku lihat dulu hotelnya seperti apa, kalau cocok lanjut, kalo ngga cocok ya pindah hotel...soalnya malam tahun baru, hotel-hotel ramai...
Sudah dapat hotel untuk tanggal 31, lanjut cari tujuan wisata air, setelah tanya-tanya kemana-mana, pilihan jatuh ke Owabong, Purbalingga..biasanya, orang-orang kalau liburan ke Purwokerto, tujuannya ke batu raden, tapi entah kenapa kami berdua kok males kesana, pilihannya malah ke pantai di daerah kebumen..

Okey, hotel hari pertama dapet, tujuan wisata juga sudah oke, tinggal nyusun acaranya aja.

Hari pertama, 31 Des 2016
Pagi buta jam 05.00 kami berangkat dari Temanggung (nyuri start, jumat sore aku dan Bap meluncur ke Temanggung, rumah ortuku, karena anak-anak liburan sekolah disana) kami berempat belum mandi semua, malahan kakak dan adik juga belum bangun, kami pindahin tidurnya ke mobil, langsung jalan dan anak-anak tetap tidur terlelap..
Perjalanan selama kurleb 2,5 jam dengan jarak tempuh kurleb 106 km. Jam 7.45 kami sampai di Owabong, anak-anak baru deh bangun, hihihi katanya kok cepet, udah nyampe?  Ya iyalah cepet, lha wong tidur terus...
Di owabong ga sempet foto-foto karena kami berempat sibuk bermain air semua, airnya di sana duingiin banget, karena memang airnya berasal dari sumber mataair...sudah siang dan anak-anak masih belum mau selesai, sampai di bujuk kalau harus nyari hotel buat nginep nanti malam, padahal sudah booking lewat Agoda, hehehe...boong dikit gpp lah..
Owabong
Makan siang masih di sekitaran Purbalingga dan jatuh pada Soto Kriyik, baru pertama kali nyobain soto model beginian, uenak ya ternyata..hihihi bikin nagih lah pokoknya...saya suka saya suka
Soto Kriyik, kalau kesana mau lagi dong...nagih banget ne
Setelah makan, kami melanjutkan perjalanan ke barat, hihi ke Purwokerto, langsung ke hotel untuk istirahat sebentar..
Nyampe hotel, hehe di luar ekspetasi kami, gpplah numpang tidur aja kok, kamarnya sih bagus, karena bangunan baru, cuma agak sempit aja..Yang membuat kurang nyaman, yaitu sedang ada renovasi bangunan, jadi yah, agak gimana gitu, tau sendirilah kondisi kalau sedang di renovasi gimana...
Sambil istirahat, sambil hunting lagi hotel yang agak enakan dikit, yang ada bintangnya beberapa dan memang untuk tanggal 1, lebih banyak pilihan yang sesuai budget, sipp dapet hotel yang di pingini..
Sorenya kami ke Gereja Katedral Purwokerto, jadi besok pagi bisa langsung berangkat ke Kaliori dan lanjut ke pantai.
Sepulang dari gereja, nyari makan malam di dekat alun-alun..ayam tulang lunak
Gereja Katedral di Purwokerto
Habis makan, pulang ke hotel aja, rasanya kok capek kalau mau jalan-jalan di kota...tidur ajalah, lagian kasian Bap sopir, capek nyetirnya....

Hari Kedua, 1 Januari 2017
Selamat Tahun Baru....
Pagi, bangun, sarapan persiapan ke kaliori dan sekalian check out..
Perjalanan ke Gua Maria Kaliori cepet banget, deket banget ternyata, hanya sekitar 1/2 jam dari hotel.
Suasana di Gua Maria hening, sejuk banget, pohon-pohonnya rindang dan besar-besar..bisa khusyuk berdoa nih...
Gua Maria Kaliori, teduh , tenang
Anak-anak juga tumben bisa nurut, tenang ngga berisik dan ngga teriak-teriak, tapi kalau lari-larian tetep ya...hehehe...
Betah sebenernya duduk-duduk di sini..tapi harus ke kebumen, biar ga kemaleman nanti pulangnya.
Kami mau mengunjungi pantai logending (jaman aku SD disebutnya pantai ayah) Perjalanan hanya 1 jam, sekitar 36km tapi jadi 2 jam karena macet pas hampir nyampe, masuk ke kawasan pantai...wah, kesiangan neh...dan bener aja, nyampai d pantai logending sudah jam makan siang, dapet info warung seafood enak di Warung Bu Nanang, ternyata rame banget, untung masih dapat tempat duduk, pas mau pesen, dibilangin kalau nunggunya sekitar 1 jam...what??? Wah anak-anakku keburu laper dong?? Ya udah, pindah tempat aja, dan kami cuma mbakso aja...
Habis makan lanjut ke pantainya, ohhhlalaa...lho kok...lho kok...beda banget ya, sama ingatanku jaman SD dulu?? Sekarang kok begini ya???
Pantainya kotor begini?? Trus main air dan pasirnya dimana ini?? Rame banget juga, jadi ga bisa menikmati deh...
Daripada kecewa, akhirnya naik perahu motor muter ke muara sungai serayu...
Naik Perahu di Pantai Ayah
Adik seneng, tapi kakak yang agak takut...muternya lumayan sih, agak lama dan jauh, cuma bayar 20rb untuk 2 orang dewasa, anak-anak gratis...
Trus karena agak kecewa, lanjut aja deh ke panyai yang lain, yaitu ke pantai menganti, katanya pemandangannya bagus...dan jaraknya juga hanya 8 km..yuk cuzz kesana..
Sampai di belokan menuju pantai menganti macet lagi, ada Bapak Satpol yang ngasih tau kalo jalan ke arah pantai menganti macet parah, mobil ga bisa jalan...waduh, tanpa pikir panjang, putar balik aja...pulang ke purwokerto...
Anak-anak agak kecewa sih, tapi setelah di beri pengertian, mereka bisa ngerti...
Jalan di dekat pantai logending tadi masih macet dan bertambah parah macetnya, lihat dari gmap, wah jalurnya merah banget dan panjangnya minta ampun, tapi mau gimana lagi, mau ngga mau harus lewat jalan itu...
Iseng-iseng bermacet ria, coba browsing pantai di sekitaran situ yang bagus dan anak-anak bisa puas main air dan pasir...
Eh, dapet deh namanya Pantai Cemara Sewu, kata Bap coba dulu aja, dilihat dulu, kalau anak-anak bisa main air dan pasir ya kita mampir kesitu aja, sampai anak-anak puas...
Setelah terbebas dari kemacetan, kami belok ke pantai cemara sewu, adik masih bobo, (dia bosen lihat macet dan bobo deh) akhirnya ibu dan kakak yang turun ke pantai duluan, nanti Bap dan adik nyusul kalau adik sudah bangun..
Di pantai ini lumayanlah, pantainya luas banget, anak-anak seneng banget, bisa main pasir dan air sampe puas, malah kami di pantai sampai jam 6 sore, anak-anak mau diajak pulang karena memang sudah mulai gelap....
Ahhh bahagianya kalau lihat anak-anak senang dan puas bermain...
Pantai Cema Sewu
Pulang dari pantai, setelah mandi seadanya jam 18.30 sampe hotel jam 8 malem, capek juga...tadinya makan malem mau keluar hotel, tapi kok capek banget, kamar hotelnya juga nyaman banget, luas juga, jadi mager semua deh....hehehe...akhirnya pesen di restoran hotel dan kami milih makan di kamar aja...
Malemnya bobonya nyenyak banget...

Hari Ketiga, 2 Jan 2017
Pagi ini dimulai dengan bangun siang, dan anak-anak bangunnya siang banget, sampai waktu sarapan hampir selesai...wah gawat dong, kalau ga kebagian sarapan???( Hihihihi...)
Semua dibangunin dan disuruh mandi, lanjut sarapan di hotel...hmmm, menunya banyak dan rasanya pun enak..anak-anak makan banyak dan lahap....Sippplah, ngga rugi ngeluarin uangnya....hahahaha....
Selesai sarapan, anak-anak ditawari mau jalan-jalan apa mau nyantai di kamar aja? Dan pilihan mereka, nyantai di kamar....hahaha...
Jam 11 siang checkout dan ke sokaraja untuk beli oleh-oleh dulu sebelum pulang ke semarang...
Aku beli oleh-oleh gethuk goreng dan beberapa kletikan...
Lanjut perjalanan ke semarang dengan 2 agenda mampir, yaitu mampir makan di mie ongklok wonosobo dan mampir fi temanggung untuk istirahat 2-3 jam..
Sampai di rumah semarang jam 9 malam...
Itu tadi, cerita liburan kami di akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017....seru banget dan anak-anal senang banget, bahkan mereka pengen liburan lagi....lahhh....esok hari kan hari pertama mereka sekolah di semester 2 ???
Liburannya nanti-nanti lagi ya...Bapak sama Ibu ngumpulin uang dulu....

Our Journey

Daisypath Anniversary tickers