Jumat, 05 Februari 2016

Putu Mayang Bihun

Jajanan tempo dulu yang sangat saya sukai...
Waktu saya kecil jarang di jumpai jajanan ini di kota saya...hmmm atau karena kurang gaul, kurang tau juga sih....Dulu bisa makan jajanan ini kalau dapat punjungan dari tetanggga aja..Kalau jaman sekarang kan banyak tuh ya, orang yang jualan snack pagi- pagi dan banyak sekali macam- macam jajan, dari jajan pasar, kue, roti, jamu, susu dan lain sebagainya.

Nah, beberapa waktu yang lalu, nemu resep ini di group Facebook..
Ini dia resepnya: 

Putu Mayang Bihun


Bahan :
  • 160 gr   Bihun Jagung
  • 70 gr     Gula Pasir
  • 1 sht     Santan Kara 65gr
  • 100 ml  Air
  • 150 gr   Tepung Kanji
  • Vanili
  • Garam secukupnya
  • Pasta Pewarna Makanan
Cara Membuat :
  1. Bihun disiram air panas, tiriskan
  2. Rebus santan, air, gula pasir, vanili, garam sampai mendidih. Angkat
  3. Masukkan bihun, tepung kanji, pasta, aduk sampai rata hingga santan terserap habis.
  4. Cetak di cetakan talam ( saya menggunakan cetakan bolu mawar )
  5. Kukus selama kurang lebih 15 menit.
  6. Lepaskan dari cetakan dan sajikan.

Ini penampakan putu mayangnya, suka banget bisa bikin ini...
Bentuk mawarnya tidak terlalu kentara,hihihi...

Rabu, 03 Februari 2016

"Donat Bumbu" (Tanpa Nguleni)

Donat...makanan satu ini sudah tidak asing di telinga bahkan mulut kita...hampir semua orang pernah makan yang namanya donat, dari donat yang terkenal dan mihilnya minta ampun (menurut saya sih...hehe...) sampai donat yang harganya 500 rupiah.

Bahkan anak-anak jaman sekarang juga banyak yang gemar makan donat, dari donat sederhana bertoping gula bubuk, gula cair, cokelat, kacang , oreo dan sebagainya. Seperti anak-anak saya yang doyan banget makan "DONAT BUMBU" sebutan untuk donat dengan topping gula icing. Tapi terkadang saya curiga, mereka suka donatnya atau gula icingnya? Ahh biarlah, yang penting donatnya tetep ludes mereka makan...

Sampai pernah, suatu hari saat saya nungguin si Kakak Elena di sekolah, saya di ceritain oleh salah seorang mama teman kakak satu meja. Mama itu, sebut saja mama P cerita, anaknya pernah suatu saat bilang ke mamanya bahwa Mama Elena (saya semdiri) itu sayang banget sama Elena, karena tiap hari Elena dibawain bekal donat. Hihihihi lugu sekali anak ini, dan pastinya saya berasa di terbang ke langit ke tujuh. Makasih ya sayang...hehehe. Padahal sebenernya donat yang tiap hari Elena bawa itu hanyalah donat sederhana yang tanpa di uleni pembuatannya..

Hihihi panjang banget sih cerita donatnya ya?? Langsung ke resep aja lah ya...
Resep ini saya catat di buku sakti biru saya...dan saat mencacat itulah, saya lupa sumber dari orang yang mempostingnya, cuma ku tulis dari Group Masakan di Facebook..maafken saya ya, penemu resep...Mungkin barangkali ada yang pernah tau resep ini dan tau siapa penemunya bisa kasih tau saya di komen ya...matur nuwun sebelumnya..

Resep donat ini saya buatnya tiap malam, 20 menit sebelum jam tidur anak-anak. Paginya tinggal goreng deh...guampang banget dan super kilat deh...

Resep Donat ( Tanpa Nguleni)


Bahan I : (campur semua bahan dibawah ini, biarkan selama 15 menit / sampai berbuih)
  • 125 ml  Susu Cair Hangat
  • 1/2 sdt  Gula pasir
  • 1 sdt     Fermipan 
Bahan II :
  • 250 gr   Tepung Terigu ( saya pakai segitiga)
  • 1 sdm    Gula Pasir
  • 1 butir   Telur
  • 1/4 sdt   Garam
  • 1 sdm    Margarin
  • 1/4 sdt   Vanili ( bila suka)
Cara Membuat :
  1. Campurkan Bahan I dan Bahan II. Campur sampai rata menggunakan sendok. Adonan ini sangat lengket
  2. Masukkan dalam wadah kedap udara. Masukkan di kulkas semalaman.
  3. Pagi hari, keluarkan dari kulkas, kempiskan adonan.Diamkan selama 15 menit. 
  4. Karena adonan ini sangat lengket dan saya males membentuk dengan tangan, maka saya menggunakan 2 buah sendok makan untuk membentuknya. Jadi tinggal ambil adonan dan langsung masukkan ke minyak yang sudah dipanaskan. Goreng sampai matang. 
  5. Goreng menggunakan api kecil, agar tidak cepat gosong.
Mudah kan membuatnya, selamat mencoba ya...

Bila suka, donat ini bisa diisi dengan selai strowberry ato blueberry...hmmmm enak

Ini penampakan si "Donat Bumbu" bareng dengan boneka si Kakak Elena