Jumat, 05 September 2014

Tips Memilih Daycare

Belum lama ini ada berita tentang penganiayaan balita di daycare di Jakarta. Kalau denger berita seperti itu, pasti sebagai orang tua, kita akan merasa "marah" dan tidak tega akan penganiayaan tersebut. 
Saya pun sebagai orang tua yang juga menitipkan anak di daycare sempet merasa "deg" juga, tetapi setelah itu merasa aman juga, karena anak-anakku ada di tempat yang "aman".

Saya akan mencoba sharing tips memilih daycare yang "aman" , yaitu :
  1. Cari Informasi Daycare. Carilah sebanyak mungkin informasi tentang daycare yang ada di sekitar rumah atau di sekitar lokasi tempat orangtua bekerja. Kalau perlu luangkan waktu untuk menyusuri jalan-jalan (siapa tau ada daycare disekitar tempat tersebut ) , karena beberapa daycare belum memiliki website.  
  2. Survey Langsung ke Lokasi. Sempatkan datang ke semua lokasi daycare (harus ya, karena nantinya kita tiap hari bakalan datang kesana,hehe), mintalah informasi tentang cara pengasuhan, jadwal kegiatan anak-anak, konsumsi untuk anak, pendidikan untuk anak, dan jangan lupa tanyakan juga tarifnya. Mintalah untuk diantar ke setiap sudut ruangan, dan mintalah penjelasan tentang ruangan tersebut. 
  3. Latar Belakang Daycare. Cari tahu juga pemilik / yayasan yang menaungi daycare tersebut, apakah dari yayasan gereja, masjid, pribadi, nasional, pemerintah dan lain sebagainya. Karena menurut saya, wajib kita mengetahuinya demi kepentingan keamanan anak-anak kita, jadi ada pertanggungjawabannya.
  4. Lihat Kondisi Anak-anak di daycare. Pada saat kita survey, lihat juga bagaimana anak-anak yang dititipkan disana, apakah mereka ceria, tak terkendali, banyak yang menangis atau bagaimana. Pakailah intuisi kita sebagai orangtua untuk mengukur hal ini, apakah anak kita cocok di titipan di situ atau tidak.
  5. Berinteraksi dengan Pengasuh. Cobalah berinteraksi dengan beberapa pengasuh yang ada, apakah mereka terlihat baik atau tidak, bagaimana cara mereka memperlakukan anak-anak, biasanyanya akan terlihat kok, mereka baik atau tidak. nah ini juga pakai intuisi kita 
  6. Trial Beberapa Jam. Biasanya dari pihak daycare akan memberikan waktu untuk trial, kita bisa melihat apakah anak-anak kita cocok disana atau tidak. Biasanya feeling anak-anak juga tajam.
  7. Tentukan Pilihan .Pastikan kita memilih daycare yang menurut kita cocok bagi anak-anak kita, kalau perlu saat survey, ajak beberapa kenalan kita untuk turut serta melihat kondisi daycarenya, jadi bisa memberikan masukan juga. Nah, carilah teman yang juga menitipkan anak di daycare, tanyakan sebnayak mungkin informasi yang ada.
  8. Trial and Error. Apabila kesan pertama berbeda dengan kenyataan setelah kita menitipkan, misal tingkah laku anak berubah setiap pulang dari daycare ( misal selalu ketakutan, tidak ceria saat kita jemput, atau keanehan lainnya ). Hentikan menitipkan anak disana, JANGAN sungkan-sungkan untuk memindahkan anak kita. 
Nah diatas beberapa tips yang dapat saya sampaikan, apabila nanti ada masukan lagi, akan saya tambahkan lagi. Yang terpenting, anak- anak kita bisa enjoy dan ceria di daycare. Tetap pantau terus perkembangan anak.
Semoga bermanfaat

Kamis, 04 September 2014

Daycare atau Pembantu ?? II (lanjutan)

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan di tahun 2013 dulu tentang kegalauan kami dalam memilih antara pembantu atau penitipan anak (daycare).

Saat ini, bisnis daycare memang semakin menjamur. Yah, minimal di kota semarang ini, sudah banyak sekali bermunculan daycare-daycare. Dari daycare yang berlatar belakang nasional, agama bahkan yang hanya daycare yang didirikan di dalam area perumahan / perkampungan.
Beberapa bulan yang lalu sempat bingung juga, nyari daycare untuk kristo, karena daycare yang lama mau pindah lokasi, sedangkan daycare kakak belum bisa menerima karena usia Kristo belum memenuhi. Makanya kami survey beberapa daycare, dan ternyata di semarang buanyak banget pilihannya. Dari yang uang pangkalnya mahal, tanpa uang pangkal, jam penitipan yang tidak memungkinkan bagi kami, berbeda latar belakang dengan kami (kami belum sanggup apabila harus mengajarkan perbedaan keyakinan yang ada di sini, dimana usia Kristo belum mampu untuk memahami) bahkan adapula yang biaya penitipannya sangat murah sekali, hehehe..

Sembari kami mencari-cari daycare untuk Kristo, kami pun berdoa dan berharap daycare Elena sanggup dan mau menerima Kristo yang umurnya kurang 1 bulan untuk memenuhi persyaratan mereka. Karena apabila masuk ke daycare yang baru, sebagian persyaratan meraka memberikan uang pangkal untuk 1 tahun, sedangkan Kristo hanya akan kami titipkan cuma 1 bulan aja **sayang banget kan uangnya??
Tapi Tuhan memang Maha Pengasih , hari sabtu disaat kami kebingungan tiba-tiba ada sms masuk dari salah satu trainer TBB Eduard Michelis mengabarkan kalau Kristo mulai hari senin boleh masuk ke TBB. Ahhh, alangkah bahagia hati kami, doa kami dikabulkan Tuhan disaat yang tepat. Sungguh, rencana Tuhan sangat indah pada waktu-Nya. Spontan langsung saya balas sms itu dengan penuh suka cita. Dan hal yang paling membahagiakan adalah anak-anak kami akhirnya " TAK TERPISAHKAN" lagi. Dirumah mereka bersama, di daycare pun mereka bersama, dan hal itu pasti juga lebih menentramkan bagi mereka sendiri.
Beribu-ribu kami sampaikan terimakasih bagi pihak TBB Eduard Michelis..hehehehe

Oya, beberapa waktu yang lalu, tidak sengaja aku menemukan 6 Manfaat Daycare untuk Anak di web Mother and Baby hihihi hal itu jadi semakin memantapkan kami dalam menitipkan mereka **ehmmm memantapkan ato sekedar pembenaran diri yah??
6 Manfaat itu adalah: (copas yahh)

1.  Pandai bersosialisasi
Salah satu keterampilan yang bisa dipelajari anak Anda di tempat penitipan anak adalah bagaimana bersosialisasi. "Ia akan menghabiskan harinya untuk berinteraksi dengan anak-anak lain, maupun orang dewasa lainnya. Itu semua bermanfaat bagi perkembangan sosialnya," ungkap Jenny Garrett, penulis Rocking Your Role. Ia menambahkan, belajar bersosialisasi tak kalah penting dengan keterampilan perkembangan Si Kecil pada usia ini.

2.  Kualitas kognitif lebih baik
Sebuah studi dari US National Institute of Health menemukan bahwa anak-anak yang ditempatkan di daycare memiliki kualitas yang sedikit lebih baik dalam prestasi akademis dan kognitifnya, karena lebih banyak mendapatkan stimulasi. Para ahli juga mengatakan, lebih kecil risiko mereka untuk menjadi anak nakal saat beranjak remaja.

3.  Status kesehatan lebih baik
Sebuah studi yang ditampilkan dalam jurnal JAMA Pediatrics menemukan, anak-anak yang menghabiskan waktu di tempat penitipan anak saat usia sekitar 2 tahun memiliki sistem imun yang lebih kuat, sehingga ia akan lebih jarang sakit daripada anak-anak yang dirawat di rumah.

4.  Meredam kekecewaan
Salah satu hal yang memberatkan langkah Anda adalah saat Si Kecil tidak terima ketika Anda meninggalkan dirinya untuk pergi ke kantor. Bahkan, tak jarang rengekannya membuat Anda kewalahan. Namun, anak yang dititipkan di daycaredisebut cenderung lebih mandiri dan tidak sesensitif anak yang ditinggalkan di rumah. Ia tidak akan ingat kapan dan seberapa sering Anda meninggalkannya di tempat penitipan anak, sehingga tidak akan ada rengekan lagi.

5.  Lebih mandiri
Anak yang dititipkan di daycare akan menghabiskan hari-harinya dengan banyak kegiatan bersama anak-anak lain. Hal itu bisa membuatnya lebih mandiri dan membantu mencegah anak Anda terlalu 'lengket' pada Anda.

6.  Mengajarkan rutinitas
Daycare sangat baik untuk mengajarkan rutinitas bagi anak Anda, karena mungkin saja Anda akan kerepotan jika melakukannya sendiri. Selain mendapatkan rutinitas untuk tidur siang, Si Kecil juga akan mendapatkan pelatihan tentang potty training.


Setelah coba kulihat dari perkembangan kedua anakku memang ke 6 hal diatas benar. Diantaranya:
  1. Elena yang dulunya (sebelum dititipkan di daycare) pemalu, bahkan bertemu dengan utinya aja nangis dulu. Kristo, karena dari bayi sudah dititipkan memang lebih supel dari kakaknya
  2. Kristo yang sebelum di TBB suka gigit temannya, setelah di "gembleng" (ihh sadis amat yak istilah emaknya ini) didik di sana jadi lebih memiliki sifat berteman yang baik.
  3. Anak - anak memang lebih mandiri (  dari hasil curhatan eyang-eyangnya..ihh emaknya jadi ge-er deh)
  4. Kami orangtuanya pun bisa belajar lebih banyak bersosialisasi dan sharing dengan para trainer dan para orangtua yang juga menitipkan anak-anak mereka, bahkan kami merasa memiliki saudara baru.
  5. Dan banyak lagi, lagi, dan lagi manfaat daycare.
Akhirnya memang, bagi kami berdua orangtua Elena dan Kristo, 2 tahun ini kami merasa lebih bisa "bekerja" dan "hidup" lebih nyaman dan tenang. Bahkan bagiku, saat 2 tahun pertama ketika punya pembantu dulu, jatah cuti kantorku sampai -11 hari dan gaji setiap awal tahunpun harus dipotong secara proposional dan sampai atasanku memberiku "cap" sebagai "karyawan cuti terbanyak" ** duh malunya...
Tetapi sekarang, aku jarang cuti dan bukan sebagai " karyawan cuti terbanyak" lagi. Dan yang paling membahagiakan adalah berat badanku tanpa pembantu semakin hari semakin subur aja, padahal semua pekerjaan rumah aku lakukan sendiri...




Jumat, 29 Agustus 2014

Cantik itu....

Pernah ga sih dibilang "ga cantik" sama anak sendiri??

Menohok kan ya? Nah itu yang terjadi padaku tadi malam, setelah selesai makan malam dan kami berempat selonjoran nyante di deket tangga rumah.
Padahal tuh ya, setiap hari aku selalu bilang kalo kakak itu cantik, sambil gemes-gemesin pipinya Kakak Elena ##tapi menurutku emang cantik sih...hmmm lebih tepatnya manis (karena kulitnya agak gelap kayak bapaknya upss)

Ceritanya tuh gini, tadi malem Kakak ngublek2 dompetku, trus nemu foto jaman lulusan kuliah dulu, dengan rambut agak panjang sebahu, ini penampakannya ##agak blurr dehh
Foto buat ijazah S1
Percakapan kami:
Kakak : Ini sapa to bu? (sambil nunjukin tuh foto)

Ibu      : Ya ibu to? lha memangnya menurut kakak itu siapa?

Kakak : Lha kok cantik?

##hmmm maksudmu nak? (batinku, itu kan juga foto di studio?buat foto ijazah)
Ibu     : Iya, itu ibu waktu masih kuliah dulu ( ## gondok ), lha sekarang ga cantik po?

Kakak: (sambil geleng kepala) Enggak?? 

##huahuaaaa...nangis batin deh
Ibu    : Masak sih Kak? ##masih ga percaya anakku ngomong gitu (dan Bapaknya nahan ketawa di sebelahku)

Kakak : Iya, soalnya sekarang rambutnya ibu pendek, ini fotonya rambutnya panjang, cantik...

Ibu      : Ohh gitu ya? kalau Ibu manjangin rambut jadi cantik?

Kakak : Iya bu..., rambutnya kalo dah panjang jangan dipotong ya, biar cantik kayak aku?

Sambil liatin ke Bapak dan bapaknya juga ngasih isyarat kalo rambut panjang itu cantik...hihihi 

Ini penampakan sekarang, setelah punya 2 anak, melarrr, dan ga sempet buat ngerawat rambut panjang...hihihi
Foto Juni 2014, dengan rambut pendek, sama seperti hari ini

Nah, kesimpulannya CANTIK menurut Kakak adalah memiliki rambut panjang....hihihi...oke deh kakak, Ibu nyobain manjangin rambut deh...toh, sekarang kalian juga dah besar...Ibu punya sedikit waktu buat perawatan di rumah...hehehe...




Kamis, 24 Juli 2014

Donat Kentang Family Yummy

Kali ini mo cerita tentang donat kentang, berawal dari belanjaan kentang setengah kilo yang udah lama kebeli, tapi masih belom sempet dimasak, takut kalau keburu busuk **mo dibikin lauk kok males masaknya,hehehe

Trus browsing-browsing ke blog masakan langganan punya mba diah didi, kepikiran deh bikin donat kentang (donat kentang itu uenak, teksturnya lebih lembut ketimbang donat yang biasa,tanpa kentang **dulu pernah nyoba, klo dah dingin jadi keras)ehh ada tuh resepnya di blognya mba diah didi..trus langsung deh ke dapur, cek bahan-bahan yang tersedia didapur apakah sesuai dengan resep donat dari mba diah didi ini.Ternyata semua bahan yang dibutuhkan tersedia di dapur, Oke berarti tinggal nunggu anak- anak tidur siang, minimal si adik yang tidur, hehehehe...

Dan kebetulan waktu itu mba diah juga lagi ngadain GA..nah, sambil berenang minum air, siapa tahu bisa menang ,hehehe...Dan ternyata setelah pengumuman tanggal 20 kemarin, namaku ada di daftar pemenang lho **sombong dikit ahh, soalnya beberapa kali ikutan GA baru kali ini menang, makasih ya mba diah##peluk

Sabtu siang, anak-anak dah bobo semua...langsung deh ngacir ke dapur nyiapin peralatan dan bahan- bahannya..Pas nyiapin bahan- bahan gitu, kok aku denger suamiku omong-omongan ma orang di depan ya? apa ada tamu ya? trus aku ngintip,hihihihi... Oh ternyata keluarga pakdhe beni datang, ada budhe erna, kak tasia dan mas adven, tadinya mo langsung pulang lagi karena anak-anak bobo semua..trus aku cerita ke kak tasia, Bulik mo bikin donat kentang lho kak ( kak tasia ini seneng banget sama yang namanya DONAT...hihihi...hobbynya dibeliin donat JCo sama ibunya...hihihi) haahhh...ku iming-imingin aja, bikin donat sama aku..eh, kak tasianya seneng banget, trus tanya ke bapak ibunya boleh apa tidak..ternyata boleh, tapi kak tasia ditinggal sendiri, soalnya bapak ibunya mo nganterin dik adven potong rambut..Kak tasia sejutu, akhirnya deal..Yuk deh, lanjut ke dapur ya kak tasia...

Selesai ngadonin adonan menjadi kalis dan di biarkan mengembang, aku nawarin ke kak tasia, mau ga kak tasia yang nyetak donatnya? hiiiihhh...kak tasia seneng banget, antusias banget...


Kak tasia lagi nyetak donatnya
Lalu setelah jadi, digoreng dan di balut dengan gula halus (kalau kata kak elena "bumbu" ) nah, kak tasia difoto bareng donatnya? (hihihi...mau lho dijadiin modelnya bulik Ririn..)
Senyum kak tasia...Tuh, cantik kan kak tasianya? donatnya juga cantik, mlenuk-mlenuk kata mba diah didi, hehehe..makasih ya mba testinya di fb ku...hehehe
Kak Tasia dan DOnat Kentang
Begitu sesi foto selesai, kak tasia makan donatnya, katanya enak...asekk...**Buliknya langsung bangga hihihi . Kak tasia sekali makan langsung habis 3 biji...ahhh semakin seneng aja neh yang mbuatin,hehehe...trus pas pulangnya juga minta dibawa pulang donatnya...**sip deh kak, bawa semua aja, besok bulik bikinin lagi ya...
Hari berikutnya Kak Elena ku tunjukin foto-foto pas kak tasia bikin donat, eh dianya juga pengen ikutan nyetak juga,oke deh, habis bobo siang kita bikin ya kak elena (untung kentangnya masih ada sisa).
Akhirnya sore hari aku dan kak elena bikin donat lagi..kak elena yang nyetak semua donatnya, dik kristo pun juga tak kalah antusias ikut bantuin nyetakin donatnya, sayangnya adik kristo ga sempet kefoto ya?
Kakak Elena nyetak donat

Donat hasil karya kakak elena
 Hihihi iseng-iseng pamerin fotonya kak tasia dan kak elena ke WA nya budhe maya, biar mas vian juga lihat...dan, sesuai yang diperkirakan, mas vian juga kepengen ikutan bikin donat...hahahahaha....budhe maya yang kebingungan nyari bahan- bahannya, cetakan dan juga resepnya...Akhirnya kusaranin pake resep mba diah didi yang di link atas tadi...Dan hasil donat sebelum di "bumbuin" tararara...sayang foto yang dikirim via WA agak blur..tapi gapapa lah ya...
Donat kentang ala mas vian
Dan aku nyebut ketiga donat tadi adalah DONAT KENTANG FAMILY hihihi
Hhmmmm ato dinamain donat yatiminanto's family yah???hehehehe


Jumat, 11 Juli 2014

Jatuh Cinta Lagi

Beberapa hari ini aku sedang jatuh cinta lagi...meskipun aku sudah menikah, bahkan usia pernikahanku memasuki angka ke 5

Pria ini begitu memukauku, bila bertemu dengannya tak jarang jantungku berdegup kencang, apalagi jika bersentuhan dengannya...juga ketika kupandang wajahnya, aku tak pernah merasa bosan...wajahnya begitu teduh bagiku..meskipun mulai ada garis-garis kerut di wajahnya, tetapi bagiku dia ganteng**hehehe
Sorotan matanya adalah telaga jernih bagiku
Pelukannya begitu nyaman
Saat mengobrol kami tak pernah bosan, meskipun kadang kami saling bercerita yg sama yang diulang-ulang, tapi kami tak pernah bosan
Kesabarannya tak tertandingi, bahkan selama aku bersamanya aku belom pernah merasakan bentakannya padaku, memarahikupun tak pernah..Yang ada hanya nasihat-nasihat untukku..
Setiap aku berbuat kesalahan, dia hanya mengingatkanku...bahkan ketika dia melihat aku mulai naik darah atas kelakuan anak-anakku, dia pasti akan mencoba menenangkanku...
Semakin hari, aku malah semakin mencintainya
Dia adalah pria terbaik yang pernah ada di kehidupanku
Bahkan para masa laluku pun tak ada yang sebanding dengannya , yah dia adalah pria yang paling sempurna bagiku..
Meskipun tak jarang kami berselisih paham, tetapi dia tak pernah memaksakan kehendaknya, kami selalu membicarakannya..
Meskipun banyak cobaan dalam kehidupan kami, dan aku merasa tenggelam, dia mampu membawaku kembali ke permukaan...

Pria ini bernama Johanes Joni Kriswanto
Aku selalu bersyukur atas anugrah yang Tuhan berikan padaku melalui pria ini, segala sesuatunya adalah berkat Tuhan bagiku..
Tak jarang aku berdoa pada Tuhan untuk tidak mengambil pria ini dari sisiku, tetapi kusadar bahwa itu tidak benar, mendikte Tuhan atas kemauanku..dari sebab itu aku selalu berdoa:

Tuhan, terimakasih atas pria yang Engkau berikan ini sebagai pendamping hidupku, aku sangat mencintainya.
Tuhan jaga pria ini untukku, berikanlah kesehatan baginya, panjangkan umurnya untuk mendampingiku dan mendidik anak-anak kami sampai mereka dewasa dalam segalanya, lancarkan rejekinya untuk kehidupan kami, jauhkanlah segala cobaan darinya, dan berkatilah semua usahanya, Utuslah malaikat-malaikatMu untuk selalu melindunginya..

Dan hari ini adalah ulang tahun pernikahan kami yang ke 5, segala pasang surut kehidupan kami selalu ku persembahan kepada Tuhan..dan selama 5 tahun ini, aku merasakan kebahagiaan yang luar biasa...love u so much Bap Joni...

HAPPY ANNIVERSARY 

Nah..ini lho wajah suamiku...


Senin, 07 Juli 2014

Liburan Akhir Tahun 2013, Pulau Bali (Part II)

Huuummm...semoga inetnya lancar...
Lanjut ya
Hari kedua kami menuju ke Nusa Dua, lanjut nyebrang ke Pulau Penyu, siangnya ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan sorenya ke Pantai Dreamland..berikut foto-fotonya 
Pagi hari, setelah breakfast di hotel Swiss Bell-in Seminyak, kami semua berangkat menuju Nusa Dua..kami melewati tol diatas lautnya Bali...wiihhhh...keren banget, bahkan motorpun ada jalurnya sendiri...



main pasir putih di nusa dua, sueneng banget



naik kapal ke pulau penyu,asekkk


hihihi dik ito disuruh naik penyu takut...

hmmm....nice couple

hiiii...bap joni berani gendong ular 
Setelah puas, menjelang siang kami berangkat ke Garuda Wisnu Kencana...





Puanasnya lumayannn...hihihi siang-siang terik sih, hehehe



Setelah kunjungan kilat ke Garuda Wisnu Kencana, kemudian kami menuju ke Pantai Dreamland..
Nah, karena pantainya terlalu curam dan ombak sedang besar sekali, kami sekeluarga memutuskan untuk menunggu rombongan di atas saja, tidak lama-lama turun di pantainya...jadi foto2 disini aja, sambil anak-anak liat anjing-anjing yang berkeliaran...hihihi


Sampai sore di pantai ini, selanjutnya makan malam di restoran pinggir pantai di daerah kuta..tapi ga sempet foto-foto karena udah laper banget,hehehehe....
Paginya kita semua persiapan pulang ke Semarang, jadi sekalian check out dr hotel, menuju tanah lot trus lanjut ke bedugul dan langsung perjalanan pulang ke Semarang...
Sampai Tanah Lot masih agak pagi, begitu masuk disuguhin pasarnya...waaa...murah-murah tapi udah terlanjur beli oleh-oleh d krisna dan hawaii...




Dah ahhh sekian dulu ya cerita singkat dan foto-fotonya...hehehehe

Jumat, 04 Juli 2014

Liburan Akhir Tahun 2013, Pulau Bali ( Part I)

Akhirnya baru keinget dan baru sempet mo ngapload foto- waktu di Pulau Bali akhir tahun lalu...
** ihh parah banget ya ingatannya...**

 Hari pertama berkunjung ke Pulau Bali, Makan siang di Kintamani
enjoy d bis

Bobok nyenyak
Di belakang resto di kintamani


Selanjutnya setelah mengisi perut kami melanjutka perjalan ke Tapak Siring



Habis itu kita ke Gua Gajah, tapi karena anak-anak tidur di bis, kami nunggu rombongan di bis aja, kasian anak-anak kalo harus dibangunin...jadi ga ada fotonya deh??

Hari kedua kami menuju ke Nusa Dua, lanjut nyebrang ke Pulau Penyu, siangnya ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan sorenya ke Pantai Dreamland
( fotonya besok lagi yah...inetnya ngadat lagi **haduh...tepok jidat dehh**

Rabu, 02 Juli 2014

Tranformasi Kue Ultah Hasil Karyaku

Sejak anak-anak ku titipkan di daycare, maka mulailah perayaan-perayaan ulang tahun mereka di daycare, komunitas anak-anakku bersama pengasuh, trainer dan teman-temannya..

Semua berawal ketika kakak ELena berulang tahun kedua, saat itu aku masih belum tau dan belum punya keinginan membuatkan kue ulang tahun untuk mereka..yang ada aku masih saja membeli kue ke bakery..

Kemudian semakin lama aku mulai browsing resep-resp kue tart, brownis dan sebagainya..awalnya aku suka dengan brownis..kemudian saat ulang tahun kristo yang pertama, aku mulai membuatkan kue tart untuk ulang tahunnya, dengan pengetahuan terbatas, ide terbatas dan peralatan yang terbatas pula..Semakin hari akupun semakin belajar dan nyicil membeli peralatan yang lebih lengkap..

Kenapa aku mau membuatkan mereka kue ulang tahun sendiri? ada bebrapa alasan, diantaranya :

  • Menghemat pengeluaran, itu pasti yah...karena dengan membuat kue sendiri, kita hanya perlu menyiapkan bahan mentahnya saja, dan itu jauh lebih murah
  • Mendapatkan kepuasan tersendiri bisa membuat dan menghias kue ulang tahun sendiri
  • Biar mau terus belajar dan belajar membuat dan menghias kue sendiri, siapa tahu nantinya bisa menjadi salah satu bisnis keluarga ( impian ku)
  • Kelak anak-anak punya memori bahwa kue ulang tahunnya dibuatkan oleh ibunya sendiri..
  • Dan yang terpenting adalah bisa memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang paling kusayangi, dari hasil karyaku sendiri...


Ultah kristo pertama, 14 April 2013

Ultah Bapak Joni 4 Juni 2013


Ultah Elena ke 3 , 28 Juni 2013
Ultah Uti Cicil , 12 Desember 2013

Ultah Kristo kedua 14 April 2014
Ultah Elena ke 4 , 28 Juni 2014
Foto-foto diatas adalah kue ulang tahun hasil karyaku, semoga karyaku berikutnya semakin baik..dan membuat anak-anak dan keluargaku senang dengan hasil karya tanganku..

Elena 4th Birthday

Tanggal 28 Juni 2014 kemarin, Kakak Elena tepat berulang tahun yang ke 4..dan pertengahan bulan juli ini, dia masuk sekolah TK..
Kalo dirasa-rasa kok cepet banget ya waktu berlalu, rasanya baru kemarin si Kakak lahir...ehhh ternyata udah 4 th aja umurnya...
Anakku yang satu ini benar-benar membuat Ibu dan Bapaknya terkadang bertukar pandang saat mendengar celotehannya...kadang kami pun merasa excited mendengar dia bernyanyi lagu-lagu baru yang dia dapatkan dari daycarenya..wow, Kakak Elena banyak menghapal lagu-lagu yang agak panjang di usianya...tak jarang malah kami ga tau lagu itu juga..malah Kakak Elena yang sering mengajarkan kami bernyanyi lagu-lagu barunya..Amazing banget deh, karena kami berdua sebagai orang tuanya bukan termasuk orang yang pandai bermusik dan benyanyi...pokoknya special thanx for TBB Eduard Michelis dimana setiap harinya, dari Senin- Jumat Kakak Elena dan Adik Kristo kami titipkan disana..

Nah bicara tentang ulang tahun Kakak, dia pengen dirayain di daycarenya itu, tetapi krn tgl 28 juni 2014 jatuh di hari  sabtu dan daycarenya libur, makanya ultahnya dimundurin senin aja, tgl 30 Juni 2014.
Biar di tanggal 28 tetep ada acara potong kue, makanya kubuatkan kue imut-imut yang ada barbienya **nemu barbie kecil di kotak mainan**
Tart barbie 


Tadinya kakak minta kue ulang tahun bertema barbie..oke, akhirnya saya jauh-jauh hari udah nyiapin beberapa keperluannya, termasuk boneka barbie yang akan di masukkan ke kue dan di hias jadi roknya..tetapi, oh tetapi semua gagal, setelah kue yang harusnya dijadiin rok gagal dibuat, rotinya ga bisa dimasukin barbie krn terlalu lembek...huaaa....batal deh, padahal aku buatnya tengah malam...ga mungkin kan belanja keperluan kuenya tengah malam begitu? mana ada toko yang buka?padahal besok rencana tetep masuk kerja , trus ijin setengah hari...
Ya sudah deh, akhirnya tuh roti masuk kulkas dulu, besok siang pulang kantor baru deh hunting ke toko bahan kue untuk nyari hiasannya...
Siang pulang kantor, pergi dulu ( bukan mampir, coz kalo dr kantor ke fortune nglewatin rumah dulu :p) cari-cari yang ga mahal dan murah aja..akhirnya dapet hiasan tinkerbell, jamur dan rumput hijau..**kebetulan nanti kakak ultahnya pake baju gambar tingkerbell juga**
Jadinya kuenya begini nih...


Bday Cake 4th Elena


Happy Birthday ke 4 Kakak Elena
semoga panjang umur, senantiasa sehat, tambah pinter nyanyinya, semikin cerdas dan kritis, sayang Bapak Joni, Ibu Ririn dan Adik Kristo, dan selalu dalam berkat Tuhan ya...

Rabu, 25 Juni 2014

Puding Susu Strawberry





Puding  Susu Strawberry
bahan :
1 bungkus agar agar putih
400 ml air
80 gr gula pasir
250 gr strawberry segar, haluskan
200ml susu cair



cara membuat :
- masak air, gula, dan agar agar sesuai petunjuk di bungkus agar- agarnya
- setelah mendidih, matikan api, masukkan strawberry halus, aduk rata.
- tuang ke dalam cetakan yang telah dibilas air matang. (dalam keadaan basah biar ga lengket)
- dinginkan hingga beku
- hiasi dengan strawberry segar..

Siap disajikan...

ehmmm yummy

Senin, 16 Juni 2014

Happy 2nd Birthday Kristo

Hmmm sebenarnya ulangtahun kristo jatuh tanggal 14-04-14 ( walah udah 2 bulan yang lalu??hhemmm telat bingits postingnya...) tapi gapapa lah yah? kemarin kan lagi repot?**halah alesan--timpuk sendal aja**
Mulai aja deh yah critanya?

Dua tahun sudah berlalu, sejak kelahiran si jagoan gantengku, 14 April 2012..rasanya kok cepet banget yah? Masih segar saja ingatanku detik-detik saat mau melahirkannya..**crita dikit pas mo lairan kristo ya?** 
Hari itu, jumat pagi aku mendapati ada bercak coklat kemerahan di celana dalamku..hmm kupikir aku dah mo lahiran, tapi kontraksi itu belum terasa juga, aku masih menunggu suamiku datang dari semarang( karena saat itu aku ada dirumah ibuku di temanggung). Jumat malam dia datang, anak sulungku senang sekali kalo Bapaknya dah datang ** hihihi anak sulungku ini memang bisa disebut si anak bapak, meskipun dia cewek tapi hampir semua yang ada pada dirinya mirip sekali dengan bapaknya, dari wajah, kulit, sikap bahnkan sifatnya mirip**
Jumat malam masih saja tidak terasa kontraksi itu, hingga sabtu sore bercak masih saja keluar dan kontraksi tak kunjung kurasakan juga, akhirnya kami sepakat ke rumahsakit untuk periksa ke dokter kandungan. Setelah diperiksa ternyata sudah bukaan 2 dan dokter menyarankan untuk di induksi **tralala...kata orang diinduksi itu sakit?? omegot...piye iki?**
Tapi semua harus kulalui, okelah kalo begitu...setelah selesai urus ini itu, aku masuk ruang persalinan jam 19.00 disuruh tiduran, diinfus dsbnya..jam 19.30 cairan induksi dimasukkan ke infus...**jebret deg-degan..katanya sakit??** Proses induksi dimulai dari jm 20.00 dan yang menjadi kekuatannku adalah suamiku tercinta..dia yang mununtunku bagaimana harus mengambil nafas agar sakit saat kontraksi bisa ditahan, dia juga ikut bernafas bersamaku, dan hal itu sangat-sangat membantuku..dia ada bersama nafasku..LOVE U FULL deh suamiku Joni Kriswanto..
Akhirnya setelah memalui perjuangan kontraksi dan mengejan, jagoanku lahir jam 21.15 Syukur dan Puji Tuhan, anakku lahir sehat dan ganteng pula..**meskipun proses menjahitnya ruarbiasa rasanya**
Kristo sesaat setelah lahir
Dan sekarang, sudah 2 tahun umur kristo, tambah ganteng, tambah pinter, tambah aktif dan tambah jahil juga..sekarang crita kue ulang tahun kristo ya..
Kristo umur 2 tahun mau dirayakan bersama teman-temannya di daycare TBB Eduard Michelis dimana si kakak Elena juga di "sekolahkan" disana..
Ehmmm bingung juga waktu mo ngambil tema kue ulang tahunnya..adik kristo suka banget ma mobil, truk, kereta api dan sebagainya...wah akhirnya browsing buat semedi nyari ide..trus dah dapet ide kira2 modelnya mo gimana, tergantung mainan yang di dapet di toko mainan **lhoh mo bikin kue kok malah nyari mainan di toko mainan sih, bukannya di toko bahan roti??** hehehe...kan biar irit, hiasan kuenya biar bisa buat mainan setelah selesai ulang tahunnya...hihihi...**hehehe emaknya irit pa pelit sih?**
Habis muter-muter di toko mainan, pilah-pilah mainan yang ada sambil berpikir mana yang bisa dipakai untuk hiasan kue ultahnya dik kristo, akhirnya dapet satu set mobil, truk, helikopter mainan yang kebetulan diskon 50% **wkwkwk emaknya seneng banget, dobel-dobel deh iritnya...**

ini neh mainan yg udah murah, masih di diskon 50% pula
Sampai dirumah mikir lagi kuenya mo bentuk kotak atau bulet yah? ngobrak-abrik tempat penyimpanan peralatan perang ku di dapur, ada loyang kotak ya udah loyang kotak aja deh ya??
Bahan dasar kuenya pakai kue Sponge Cake , trus poles sana-sini dan jadi deh bentuknya seperti ini, hihihi seadanya banget yah? masih pemula banget,hehehe...


kue ulang tahun kristo

Setelah sampai disekolah, kristo seneng banget, dia duduk di belakang kue bersama kakaknya..ehhmmm sepanjang acara, tuh kue di colek-colek adik kristo,hihihi...


And akhirnya HAPPY BIRTHDAY adik kristo, semoga panjang umur, tambah pinter, nurut sama Bapak Ibu, ga hobby ngusilin temen-temennya, sayang sama kakak, Bapak dan Ibu. Dan doa khusus dari Bapak dan Ibu semoga kamu nanti "dipanggil" oleh Tuhan menjadi Pelayan-Nya di Gereja.

Jumat, 23 Mei 2014

Outing TBB Eduard Michelis ke Taman Doa dan ke Panti Asuhan Temanggung

Kali ini aku mau cerita tentang perjalanan anakku dan temen-temennya dari daycare TBB Eduard Michelis *biarin aja loncat jauh, mumpung ceritanya masih anget. Acara outing tahun ini adalah keluar kota, yaitu ke Taman Doa di Pertapaan para Frater di Rawaseneng dan ke Panti Asuhan Betlehem di Temanggung. Dilaksanakan kemarin Sabtu, 17 Mei 2014. 
Persiapannya lumayan menantang, karena si Bapak yang di dapuk jadi Koordinator dari Pihak Orang Tua dan Ibu jadi sekretaris critanya (harusnya nyantai yah?) Akan tetapi, karena yang sering berkomunikasi dengan para trainer di TBB dan yang kebetulan ikut Group BB ortu TBB si Ibu, akhirnya si Ibu berasa jadi Koordinator juga :p tapi so far so good lah...mengaksyikkan juga sih...* giliran tugas bikin proposal malah bapak yang bikinin xixixi,piye toh iki? malah bertukar peran...

Sabtu pagi kami berkumpul di meeting point ( depan TBB juga sih...) pukul 7 pagi..rencana berangkat paling telat jam 8, tetapi karena ada satu dan dua hal, keberangkatan ditunda sampai jam 9. Oke, gpp berarti jadwalnya mundur juga, hihihi...paling konsekuensi nyampe semarang lagi agak malam..

Perjalanan ke Temanggung diperkirakan selama 2 jam dan sampai Rawaseneng sekitar 2.5jam..Perjalanan kami menggunakan 2 bis, satu bis kami menyewa dari Kartika dan satu bis lagi kami dapet pinjaman BIS gratis dari FIF ( untungnya suaminya sahabatku waktu kuliah kerja di FIF, jadi dapet infonya lebih mudah,hihihi) sayangnya lupa fotoin Bisnya...hihihi

Sampai di Rawaseneng jam 11.30WIB, karena ada sebuah insiden tak terduga, dimana jalan satu-satunya ke lokasi ditutup warga karena ada acara warga, yaitu Wayangan 3 malam...makanya kami semua diangkut pake mobil bak "sapi" hihihi...

Naik mobil pick up **eh, kakak elena ngapain gelantungan disitu ?
Setelah semua sudah tiba dilokasi, acara seharusnya berdoa bersama dahulu, tetapi karena sudah jam makan siang, makanya begitu sampe kami langsung makan dulu...kasian anak-anak dah biasa makan siang jam segitu...kami makan di teras Museum, mumpung penjaga museum lagi istirahat, jadi bisa deh dipinjam terasnya...hihihihi...


Museum sekaligus toko oleh-oleh
 Setelah selesai makan siang dan membersihkan teras museum, kami melanjutkan acara kami, yaitu doa bersama di Taman doa yang dipimpin oleh Suster Leona...jalan menuju likasi doapun asyikk, sejuk sekali...

Jalan setapak menuju Taman Doa
 Setelah berdoa selesai, anak- anak perform dulu, nyanyi lagu Trimakasih Tuhan, syairnya begini klo ga salah :
Slamat pagi Tuhan, tak lupa terimakasih
Tuhan tlah plihara, kami tiap hari
Matahari bersinar, burung-burung bernyanyi
Bertambah, tambah, tambah cinta-Nya

Selesai perform, anak-anak bebas menjelajah di taman doa, tapi harus tetap sopan yah anak-anak...foto-foto juga boleh

Perform Anak-anak dibawah asuhan Bu Siska

Selesai nyanyi, foto-foto dulu...chersss

Foto di dekat kolam ikan...kakak mo do foto malah melarikan diri..
Setelah agak puas menjelajah, kami semua menuju bis untuk melanjutkan perjalanan ke Pati Asuhan, selain itu karena mendung semakin hitam, dan mulai gerimis...Ayoo anak-anak cepet, sebelum kehujanan....hihihi

Perjalanan ke Panti Asuhan kira-kira setengah jam..jam 3 kami sampai di Panti Asuhan Betlehem Temanggung, kami disambut dengan meriah oleh suster dan anak-anak Panti Asuhan, mereka ramah-ramah, rentang umur mereka dari umur 2 th sampai kelas XII SMA..kemudian kami di ajak ke dalam Aula yg cukup luas..
Suster Leona memberikan sambutan
Disana Suster Leona memberikan sambutan, sedangkan anak-anak TBB yg "pupuk bawang" malah lari-larian diatas karpet...**hadeh
Selain itu, suster juga secara simbolis memberikan bantuan sembako yang sudah dikumpulkan oleh para orangtua dari anak-anak TBB, semoga bantuannya bermanfaat yah..

Setelah itu anak-anak TBB kembali perform lagi, dengan arahan dari Bu Siska tentunya..dan biasa, para "pupuk bawangs" mondar-mandir dengan manisnya...
Anak-anak TBB menyanyikan lagu dalam bahasa jawa dan bahasa inggris juga **keren banget deh...
Lagu-lagu yang mereka nyanyikan:
- Padhang Mbulan
- Rain-rain Go Away
- Little Fingger
Syairnya aku lupa...besok-besok ku tanyain ke trainernya dulu deh,hihihi...


Perform di Panti Asuhan
 Selesai anak-anak TBB perform, gantian perform dari temen-teman Panti Asuhan...wahhh ramai sekali...heboh juga...asyikkkk....

Perform Anak-anak Panti Asuhan
Selesai perform, kami semua keluar dari aula dan diajak berkeliling untuk melihat tempat tinggal mereka...Wahhh....luas sekali lho, areanya...sayang sekali ga sempet motoin sendiri * Kakak elena dah ngantuk jadi agak rewel deuhh
Kamar mereka ada banyak sekali, mereka dibagi menjadi beberapa kelompok "Pohon Keluarga" kamar anak perempuan dipisah dengan kamar anak laki-laki **yaiyalah...mosok dicampur??!! Ada banyak kamar, saking banyaknya sampe lupa...tiap kamar ada bbrp tempat tidur..Ada pula ruang perpustakaan, ruang komputer, ruang seni ( ada peralatan band juga lho), dapur utama dan dapur di masing-masing rumah...
Selesai berkeliling, kami akhirnya berpamitan dan tak lupa berfoto dulu...eitsss...ini foto khusus anak-anak TBB bersama emak-emaknya...xixixi...Bapak-bapaknya yang motoin aja yahhh...
Lah dhalah eike kok tampak besar sekali klo foto disamping bu rima yang ramping???**huaaaa...nagis guling-guling..
Pose di depan PA Betlehem

Setelah selesai, semua menuju bis masing-masing...kecuali aku dan anak-anak menuju mobil jemputan kakakku, karena mo nginap semalem dirumah Uti Sisil dulu...hihi tapi si Bapak tetep ikut kembali ke semarang bersama dengan rombongan ( beliaunya kan koordinator, jadi tetep ikut rombongan lagi ) baru esok paginya ke temanggung lagi jemput anak istrinya...
Demikian perjalanan anak-anak TBB ke Panti Asuhan, semoga mereka bisa lebih bersyukur, bahwa mereka masih bisa hidup bersama orang tuanya dan mereka bisa lebih memiliki kepribadian yang baik, dimana mereka bisa tau bagaimana berbagi dengan orang lain..

** Foto-foto diatas adalah foto pribadi penulis, foto-foto dari seksi dokumentasi belum fix, nanti bisa menyusul yahh...