Selasa, 30 April 2013

Bakso Kakap

Kali ini mo bagi2 resep bakso kakap ala Ibuk Ririn ( Kakak Elena panggilnya gitu,hehehe)
Gara-gara minggu kmrn beli fillet kakap sekilo, sebagian dah dimasak kakap bumbu kecap, kakap goreng tepung, ehhh lha kok masih sisa aja tuh fillet kakap...putar2 otak, mo dibikin apaan ya???biar ga bosan klo cuma di goreng lagi...hehehe...hehehe inget2 dulu pernah baca n ngeprint cara bikin macam-macam bakso, nyari resep2 yg dulu pernah dprint...dah ngubek2 rak buku...lhah kok ga ada ya resepnya????

Ya dah deh, gpp diinget2 aja bahan2nya apa ja, kayak'e gampang kok,hehehe...

Bahan Bakso :
200gr fillet kakap , diblender/dicincang halus
3 siung bawang putih
1/4 sdt merica bubuk
garam halus
6 sdm tepung sagu
Air utk merebus bakso

Bahan Kuah :
5 Siung Bawang Putih
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam / menurut selera
1 sdm gula pasir / menurut selera
daun bawang
 batang seledri
Kaldu kakap
Air

Pelengkap :
Mie Keriting, rebus ditiriskan
Bawang putih goreng
Bawang Merah Gorwng
Daun seledri dicincang

Cara Membuat :
  • Bakso :
  1.  Uleg bawang putih, garam, merica sampai halus, campurkan ke dalam filet kakap yg dicincang, lalu masukkan tepung sagu, uleni sampai kalis, bentuk bulat2, bisa pake 2 sendok
  2.  Didihkan air dalam panti, masukkan bulatan bakso ke dalam air yang mendidih sampai bakso matang ( bakso mengambang) angkat, tiriskan
  • Kaldu :
  1. Tumis bawang putih bersama garam dan merica yg telah di uleg sampai harum
  2. masukkan daun bawang yg telah dicincang
  3. Masukkan air kaldu kakap ( didapatkan dari air yg digunakan utk mendidihkan bakso) tambahkan air sesuai kebutuhan masak hingga mendidih.
  • Tata mie dalam mangkok, masukkan bakso, taburi daun seledri, bawang putih dan bawang merah goreng, siram menggunakan air kaldunya..
    Ini dia hasilnya...bakso kakap..
Dannnn....testerku yang paling setia, sabar n nrimo mengatakan "siipppp" yg artinya enakkkkkk....horeyyyyyyyyy....seneng banget deh...thanx ya Bapaknya anak2..hehehe...peluk n cium...muah muah...

Ehhh lha kok ndelalah ( baca : kebetulan) kakak elena n adik kristo juga lahap maemnya...
ihhh...tambah seneng aja deh ibuk kalian ini...hehehehe