Jumat, 20 September 2013

Persiapan Operasi Lipoma

Sekitar sebulan yang lalu, tepatnya Selasa, 13 Agustus 2013 aku menjalani operasi pengangkatan benjolan lipoma. 
Lipoma adalah  tumor jinak jaringan lemak yang berada di bawah kulit yang tumbuh lambat, berbentuk lobul masa lunak yang dilapisi oleh pseudokapsul tipis berupa jaringan fibrosa.( sumber : bedahminor.com)

Benjolan itu pertama kali kutemukan sekitar 3 tahun yang lalu, beberapa hari setelah kelahiran putri pertamaku, Elena..yang nemuin pertama kali saat didadah( wanita yang mijit ibu yang habis melahirkan dan si bayi juga di pijit), kok ada benjolan, saat dipijit tidak sakit dan tidak ada keluhan sama sekali. Sampai kelahiran anak keduaku, Kristo pada April 2012, semakin lama kok benjolan itu berasa nyeri saat aku kelelahan..

Akhirnya aku bersama suami berkunjung ke dokter umum deket rumah, critanya minta pendapat sekaligus rujukan harus ke dokter specialis mana..kemudian dapet rujukan ke specialis bedah umum, langsung deh ke RS Elisabeth Semarang, ketemu dokter Sp Bedah Umum, diperiksa dan beliaunya bilang kalau ini adalah lipoma, tidak berbahaya, tapi sebaiknya diambil untuk estetika. Akhirnya kami minta waktu untuk berfikir dan mencari saat yang tepat, mengingat kami memiliki 2 anak kecil dan tidak ada asisten rumah tangga..

Setelah kami pertimbangkan segalanya, akhirnya kami memutuskan operasi di Temanggung saja, agar anak-anak ada yang jagain karena ditemanggung ada kakung uti, juga budhe dan sepupu jadi anak-anak bisa krasan tanpa bapak ibunya..mumpung libur lebarannya agak lama juga, jadi tidak kebanyakan cuti..

Tanggal 12 Agustus pagi kami konsultasi dengan dokter Specialis Bedah Umum yang ada di RS Ngesti Waluyo Parakan, Temanggung antrinya lumayan lama, ada kali 2 jam...akhirnya namaku dipanggil*dag dig dug jga* diperiksa benjolannya sebentar, lalu dokternya langsung bilang nanti sore kesini lagi, masuk rawat inap, besok pagi dioperasi...HAH???*gubrak* langsung nanti malam dok?? Kami kaget juga, maksud kami besok gitu, jadi bisa nyiapin anak-anak untuk ditinggal ortunya...tapi kata dokternya harus nanti malam, akhirnya ya wis lah...wuah, tambah deg-degan aja neh...besok dibius total, nanti malam mulai puasa dari jam 12 malam (*paling ga kuat sama yang namanya PUASA*)

Kami pulang ke rumah orangtuaku, mempersiapkan segala sesuatunya, perlengkapan menginap di RS, ngasih tau ke anak-anakku, ke keluarga suamiku yang di jogja..Malamnya sekitar jam 6 sore kami berdua berangkat ke rumah sakit dan mengurus administrasi pendaftarannya. Kemudian pemeriksaan dimulai dari laboratorium, cek darah. Kemudian radiologi untuk rontgen, selanjutnya pemasangan infus * hikss sakit jga ternyata

Selanjutnya hari operasinya lanjut di postingan selanjutnya ya..



2 komentar:

renny mengatakan...

hai rin ,kamu liomanya ada dimana? sebesar apa? heheheee biaya operasinya brp?

Ririn mengatakan...

Hallo renny...
Lipomaku ada di punggung kanan, besarnya kira2 se telur angsa, lebih besar dr telur bebek
Dulu aku operasi di parakan th 2013 biayanya sekitar 6jt-an
^_^