Selasa, 30 April 2013

Bakso Kakap

Kali ini mo bagi2 resep bakso kakap ala Ibuk Ririn ( Kakak Elena panggilnya gitu,hehehe)
Gara-gara minggu kmrn beli fillet kakap sekilo, sebagian dah dimasak kakap bumbu kecap, kakap goreng tepung, ehhh lha kok masih sisa aja tuh fillet kakap...putar2 otak, mo dibikin apaan ya???biar ga bosan klo cuma di goreng lagi...hehehe...hehehe inget2 dulu pernah baca n ngeprint cara bikin macam-macam bakso, nyari resep2 yg dulu pernah dprint...dah ngubek2 rak buku...lhah kok ga ada ya resepnya????

Ya dah deh, gpp diinget2 aja bahan2nya apa ja, kayak'e gampang kok,hehehe...

Bahan Bakso :
200gr fillet kakap , diblender/dicincang halus
3 siung bawang putih
1/4 sdt merica bubuk
garam halus
6 sdm tepung sagu
Air utk merebus bakso

Bahan Kuah :
5 Siung Bawang Putih
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam / menurut selera
1 sdm gula pasir / menurut selera
daun bawang
 batang seledri
Kaldu kakap
Air

Pelengkap :
Mie Keriting, rebus ditiriskan
Bawang putih goreng
Bawang Merah Gorwng
Daun seledri dicincang

Cara Membuat :
  • Bakso :
  1.  Uleg bawang putih, garam, merica sampai halus, campurkan ke dalam filet kakap yg dicincang, lalu masukkan tepung sagu, uleni sampai kalis, bentuk bulat2, bisa pake 2 sendok
  2.  Didihkan air dalam panti, masukkan bulatan bakso ke dalam air yang mendidih sampai bakso matang ( bakso mengambang) angkat, tiriskan
  • Kaldu :
  1. Tumis bawang putih bersama garam dan merica yg telah di uleg sampai harum
  2. masukkan daun bawang yg telah dicincang
  3. Masukkan air kaldu kakap ( didapatkan dari air yg digunakan utk mendidihkan bakso) tambahkan air sesuai kebutuhan masak hingga mendidih.
  • Tata mie dalam mangkok, masukkan bakso, taburi daun seledri, bawang putih dan bawang merah goreng, siram menggunakan air kaldunya..
    Ini dia hasilnya...bakso kakap..
Dannnn....testerku yang paling setia, sabar n nrimo mengatakan "siipppp" yg artinya enakkkkkk....horeyyyyyyyyy....seneng banget deh...thanx ya Bapaknya anak2..hehehe...peluk n cium...muah muah...

Ehhh lha kok ndelalah ( baca : kebetulan) kakak elena n adik kristo juga lahap maemnya...
ihhh...tambah seneng aja deh ibuk kalian ini...hehehehe

Jumat, 26 April 2013

Daycare atau Pembantu??


Yah, pertanyaan “ Pilih Daycare atau Pembantu?”

Untuk sebagian orangtua mungkin tidak pernah mengalami pertanyaan tersebut, bisa dikarenakan masih tinggal dengan ortu/mertua atau anak-anak dititipkan dengan mengantar jemput kerumah eyangnya…atau bisa juga karena si ibu memilih menjadi  Ibu Rumah Tangga yang bisa menghandle sendiri anak-anak mereka, atau bisa juga Ibu Rumah Tangga yang memiliki pembantu yang hanya untuk beberes rumah saja…sehingga tidak memerlukan pengasuh anak-anak.

Tetapi bagi sebagian ortu lagi, dimana keduanya adalah bekerja di luar rumah, tempat tinggalnya jauh dari ortu/mertua bahkan beda kota, maka pertanyaan tersebut sering menghantui mereka…seperti yang terjadi pada keluarga kami sekitar kurang lebih 1 tahun atau 2 tahun yang lalu..

Saat anak pertama kami Elena lahir 28 Juni 2010, kami berdua kebingungan mencari pembantu, saat itu yang ada dipikiran kami hanya mencari pembantu untuk mengasuh anak kami. Sampai-sampai keluarga besar , tetangga, teman kami pun ikut kebingungan mencarikan pembantu…
Kami memang harus mendapatkan pembantu, atau kalau tidak ada pembantu, maka salah satu dari kami harus cuti kerja untuk bergantian menjaga Elena.
Hal itu berulang-ulang terjadi sampai Elena umur hampir 2 tahun, kami sudah gonta-ganti pembantu sekitar 6-7 kali dengan berbagai macam karakter, ada yg masih muda, ada yg sudah berumur, ada yg “panjang tangan” , ada yg hanya 1 hari minta pulang..pokoknya bermacam2lah…
Sampai akhirnya Kristo lahir, 14 April 2012 kami semakin kalut dan bingung karena mencari pembantu yg ber”bobot” ternyata sulit sekali…sampai akhirnya kami berdua harus memilih lagi, cari pembantu dengan resiko kluar masuk lagi atau menitipkan anak2 ke daycare…

Akhirnya kami sepakat mencari-cari informasi tentang daycare..memantapkan hati (karena dari dulu selalu maju mundur, apa kami sanggup), untuk menitipkan kedua anak kami ke daycare,..meskipun banyak slentingan kalau di daycare anak-anak tidak diperhatikan, saat itu kami menutup mata dan telinga atas ucapan-ucapan tetangga, sanak saudara dan teman. Tadinya kami juga beranggapan sama dengan mereka, ga tegalah, nanti anaknya bisa- bisa tidak diperhatikan dan anggapan negatif lainnya. Tetapi kami tidak ada pilihan lain, selain memilih salah satu antara daycare atau pembantu.
Dari hasil pencarian daycare dan karena deadline pencarian pembantu sudah berakhir dan akhirnya kami pun lebih memilih daycare

Setelah hampir 1 tahun kami menitipkan Elena dan Kristo, baru deh kami bisa memberikan kelebihan pengasuh di daycare…
Kelebihan Daycare :

  1. Para pengasuh adalah mereka yg berpengalaman mengasuh dan mendidik anak
  2. Mereka adalah orang2 yang pasti sayang kepada anak kecil, sebab kalau mereka tipe yang tidak suka dengan anak kecil pasti pihak pemilik daycare tidak akan menerima mereka bekerja disana.
  3. Karena mereka menghadapi anak-anak dengan berbagai latar belakang , sifat dan kebiasaan anak, maka mereka bisa menangani anak2 kita sesuai dengan kebutuhan si anak.
  4. Anak2 diajarkan untuk mandiri, bersosialisasi , berdoa, bernyanyi dsbnya
Yah kami mulai bersyukur menitipkan anak-anak kami di daycare…akhir-akhir ini, bahkan sudah lama juga sering terdengar berita tentang pembantu yang menganiaya anak. Duh, klo denger berita seperti itu sedih banget. 
Tetapi kalo di daycare? Jarang sekali terjadi kasus pengasuh menganiaya anak.Kalau misal anak jatuh, kejedot itu sangat wajar. Dirumahpun, mereka juga pasti sering jatuh dan kejedot hehehe. Menurutku kalau anak tidak pernah jatuh, dia bukan anak sehat yang aktif, hehehe

Berikut daycare anak2 kami, kebetulan tempat mereka masih kami pisah, kami sesuaikan dengan kebutuhan mereka

Elena kami titipkan di TBB Eduard Michelis
 
sedangkan Kristo ada di Akachan Daycare


Kedua Daycare ini ada di semarang, dimana letaknya dekat dengan rumah tinggal kami di Sampangan...
Yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kedua daycare ini, monggo bisa menghubungi kontaknya...atau bisa bertanya pada saya..hehehe...sok dibutuhkan ya???padahal saya bukan bagian marketingnya...hehehe

Tambahan postingan tanggal 4 September 2014 :

Sekarang Elena dan Kristo sudah kami titipkan di satu daycare, yaitu di TBB Eduard Michelis. Kristo kami pindah mulai awal Maret 2014 kemarin, karena umurnya sudah hampir 2 tahun dan sudah boleh masuk ke TBB Eduard Michelis ( jadi kami sudah tenang kalau anak-anak sudah berkumpul jadi satu). Kalau mereka sudah jadi satu, teknis pengantaran dan penjemputan jadi lebih mudah, kemudian koordinasi dengan pihak daycare dalam perkembangan dan pengontrolan anak-anak juga lebih mudah. Dan, ndelalah (kebetulan) kami sangat cocok dengan para trainer dan cara pengasuhan mereka.

Curhatan kedua ada di sini ya...lanjut yukkk

Rabu, 17 April 2013

Kue Ulang Tahun Kristo yg pertama


Kemarin minggu, 14 April 2013 Kristo tepat berumur 1 tahun...ehmmm rasanya kok cepet ya??kayaknya baru kemarin ngelairin kristo??lha kok dah setaun aja ya???xixixixi...
Nah, mumpung ultahnya hari minggu, ibu jadi pengen bikin kue ultah buat adik kristo..minggu siang ngajakin kakak elena ke pasar tradisional...beli ikan kesukaan kakak elena (lele) dan sekalian belanja jga..eh, coba2 ah nyari toko bahan2 roti...ehh lha kok ketemu jga...hehehehe...akhirnya belilah hiasan ucapan happy birthday, lilin angka 1 ,dllnya...
Malemnya, setelah anak2 semua terlelap..ibu mulai beraksi bikin brownis buat dasar kuenya...pakenya resep brownis kukus Ny Liem dg beberapa modifikasi,hehehehe....
Ini neh foto jadinya:


kue ultah hari minggu, 14 april 2013 dirumah

kue ultah selasa, 16 april 2013 di daycare
 Untuk resepnya nyusul ya....hehehe lom sempet update data2nya...hehehe..kan dah dimodif???yg penting gambarnya dulu deh ya....

Senin, 08 April 2013

Bingkisan dari Gasol Pertanian Organik

Pagi ini, senin 8 April 2013 nyampai kantor seperti biasa, sarapan dulu n berbenah meja kantor...biasa bagian admin ngasih berkas2 tagihan kantor..diantara tagihan itu ada paketnya..belum sempat kulihat dari siapa paket itu...sempet berpikir, minggu kemarin  belom sempet kulakan (order baju dr supplier) untuk toko onlineku, kok ada paketan???
Saking penasarannya akhirnya ku lihat paket itu, ehhh ternyata dari Gasol Pertanian Organik...ihhh seneng banget deh...ehhhhmmmm isinya apa ya??????


Saking penasarannya langsung deh ambil cutter n buka kanan kiri, atas bawah, biar cepet ngebukanya...hehehehe....dan, isinya adalah taraaaaaaaaa



Kaos polo yg bagus buat adik kristo....wah, klo dipakai adik kristo, pasti tambah ganteng deh...xixixixi...(jadi pengen buru2 dicuci n dipakein ke adik...hehehehe)
Asyik...nulis di  http://setyaririn.blogspot.com/2013/01/gasol-organik-vs-beras-organik-blender.htm ehh dapet bingkisan dari yg empunya...heehhhehehe....jadi tambah semangat neh???

Makasih banyak atas bingkisannya ya... Gasol Pertanian Organik.....
Big Hug....


Senin, 01 April 2013

Pancake Havermut Coklat Keju

Dari namanya aja dah keliatan enak ya???
Jaman dulu tuh ya, klo saya denger yg namanya PANCAKE tuh kayaknya makanan mahal, berkelas, bau2 luar negeri gitu deh...maklum, jaman saya sekolah kan lom ada restoran mewah d kampung,hihihi...
Nah baru2 punya rumah sendiri, suka mulai2 nyobain resep A B C D ehhh lha kok pancake tuh ternyata sederhana banget bikinnya...xixixi...ketauan udik ya???
Bbrp hari yg lalu nemu resep pancake havermut coklat keju...ehmm dibaca dari judulnya neh masakan sehat, serumah bisa makan semua, termasuk adik kristo yg baru berumur 1 tahun...
Hihihi fotonya bareng kakak elena...hehehe gara2 si kakak keburu pengen makan tuh pancake...wkwkwkwk...disuruh foto mau deh, hehehe






Neh klo ada yang mau ikutan nyobain boleh, enak kok...adik kristo jga lahap makannya...telat nyuapinnya marah2 deh...hehehe...
Karena baru nyobain pertama kali, saya coba separo resep dulu aja, yg dalam kurung yaa...)ehhh lha kok ternyata hasil jadinya banyak jga...



Bahan:
200 gram havermut ( 100gr , aku pake quaker oat instant)
800 ml air panas (400ml)
2 butir telur ( 1 butir)
50 gram gula pasir (25 gr)
1/4 sdt garam (1/8 sdt)
1/4 sdt vanili bubuk (1/8 sdt)
4 sdm susu kental manis putih (saya pakenya SKM cokelat 2sdm)
100 gram tepung terigu protein sedang (50gr, pake tepung bogasari   )
3 sdm susu kental manis cokelat (2sdm)
25 gram keju cheddar parut, untuk taburan
2 sdm margarin untuk menggoreng
Cara Membuat:
1. Campur havermut dan air panas sampai menjadi bubur. Sisihkan
2. Campur telur, gula pasir, garam, vanili bubuk dan susu kental manis putih. Aduk rata.
3. Masukkan campuran havermut dan tepung terigu sedikit – sedikit sambil diaduk sampai rata.
4. Panaskan 1/2 sendok makan margarin di wajan datar anti lengket. Ambil 1 sendok sayur adonan. Tuang ke dalam wajan datar. Biarkan sampai kecoklatan, balik. Biarkan sampai matang, angkat dan sisihkan.
5. Lakukan sampai adonan habis.
6. Sajikan lempeng havermut dengan taburan keju susu kental manis cokelat.

 Resep ini diambil dari fb Resep Masakan Online dan saya kembangkan sedikit...




Our Journey

Daisypath Anniversary tickers