2 November 2012

Infeksi Saluran Kencing

Kemarin kristo(umur 7 bln) panas tinggi, trus kita bawa k rs yg bukan biasanya n sama dokter yg bukan biasanya pula..setelah bbrp saat pemeriksaan, dokterpun memberikan bbrp kemungkinan penyakitnya n menyarankan untuk di opmane...secara bersamaan aku dan suami kebingungan klo harus di opname...mengingat kami d rumah tidak ada pembantu, ortu kami d luar kota semua..klo adik harus diopname, trus kakak gmn? yg nyiapin keperluan kakak gimana, bobonya kakak jga sama siapa??sebenarnya bisa sie kami dibagi ibu d rs sama adik n kakak d rumah sama bapak...tapi kalo kakak nyariin adik gmn?trus minta bobo sama ibu gmn??duh...bingung...akhirnya kami minta waktu untuk berpikir n dokter memberikan obat2nya
Sejenak kami berunding d luar..pikiran kami kalut..(agak lebay ya???hehehe) akhirnya kami berdua memutuskan mencari second opinion ke dokter yg langganan kakak ( kebetulan adik baru kali ini sakit) dan rumah sakit andalan kami... maka langsung kami meluncur kesana, untung dokternya masih praktek( soalnya sudah siang jga)...
Setlah diperiksa dengan seksama n kami menceritakan kejadian sblmnya...akhirnya dokter sp anak andalan kami memutuskan untuk mengobservasi 2 hari lagi, klo masih panas jga baru diopname...ahhh...lega sekali kami berdua, ga perlu opname si adik...(duh bayangin adik opname, kasian banget, tangan kecilnya diinfus duh duh...ga tega bgt deh) dan dokter jga ngasih surat pengantar utk di opname jga tiba2 adik panas tinggi...
trus dokter menganalisa kemungkinan adik terkena infeksi saluran kencing...mengingat adik tiap hari pake pampers dari pagi sampe malam...duh, maafin ibu ya dek...gara2 ibu malas jadi adik yg kena deh..
trus biasalah googling sana sini nyari artikel tentang isk trus dapet dari bbrp sumber :

Bayi yang sering menggunakan popok memiliki risiko terkena ruam popok. Tapi ternyata tak hanya ruam popok saja, karena pada kondisi tertentu bisa membuat si kecil terkena infeksi saluran kencing.
Infeksi saluran kencing (urinary tract infection/UTI) lha kok kayak panggilan buat neneknya yak??xixixi terjadi ketika ada bakteri yang menginfeksi ginjal, kandung kemih, uretra atau bagian lain dari saluran kemih. Bakteri yang bisa menyebabkan infeksi biasanya masuk melalui uretra dan melakukan perjalanan ke kandung kemih, ginjal dan bagian lain di saluran kemih.

Meski demikian bakteri ini bisa dihilangkan dari saluran kemih sebelum menimbulkan infeksi, dan anak perempuan lebih memungkinkan terkena infeksi saluran kemih dibandingkan dengan anak laki-laki.

Dr Frankowski mengatakan ketika UTI yang terjadi cukup serius, anak juga bisa mengalami demam. Tapi sayangnya kebanyakan UTI biasanya tidak disertai dengan demam.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, yaitu:

  1. Cucilah tangan sebelum dan sesudah mengganti popok.
  2. Usahakan untuk selalu menyediakan segala keperluan saat mengganti popok, ini untuk mencegah bayi berjalan-jalan atau menyentuh permukaan lain.
  3. Pastikan bayi selalu berada dalam kondisi tubuh yang bersih dan tidak lembab.
  4. Saat melepaskan popok, bersihkan seluruh permukaan kulit secara merata dari depan ke belakang untuk menghindari infeksi. Usahakan untuk selalu membersihkan lipatan-lipatan di kulit bayi.
  5. Jika terdapat ruam, maka hentikan penggunaan popok dan oleskan salep untuk menghilangkan ruam.
  6. Buanglah popok dan tisu atau kapas yang digunakan untuk membersihkan kulit dengan benar.
  7. Sering-seringlah mengganti popok dan usahakan untuk selalu menjaga agar popok tidak terlalu basah atau tetap kering.

Tidak ada komentar:

Our Journey

Daisypath Anniversary tickers