Jumat, 07 Desember 2012

Iseng ngedit FOTO...

Hasil Editanku...
Nah...iseng2 pengen punya foto yg bagus alias editan...habis mupeng liat2 hasil foto editan temen2...hehehe...trus coba coba buka aja situs2 yg nyediain edit foto..

Hasilnya ya gini neh...gmn lumayan ga???suami sie seneng liatnya...katanya hasil editan foonya seperti punya alur gitu deh...xixixi ^_^ rada ge er jga...alias seneng dibilang gitu...hahahaha

Senin, 03 Desember 2012

Roseola Infantum

Ehmmm keren n cantik ya namanya???nah Adik Kristo kayaknya kena neh penyakit...neh mukanya merah2 setelah bbrp hari yg lalu demam sampe 39.5 derajat celcius..yg merah2 muka, leher, punggung sama dada..


trus gooling2 n dapet info dari Ayahbunda , Parenting dan blognya tetangga, trus ku tata2 ulang, jadinya ini  neh...monggo disimak :

Roseola infantum adalah penyakit infeksi pada bayi yang gejalanya antara lain timbul bercak-bercak kemerahan di kulit seperti bunga mawar (sehingga disebut roseola). Infeksi ini kebanyakan diderita bayi umur 6 bulan sampai 2 tahun. Akan tetapi, angka kejadian paling tinggi ditemukan pada bayi umur 6-12 bulan.

Ulah virus. Virus herpes tipe 6 (HHV-6) dan 7 (HHV-7) adalah biang keladi penyakit ini. Lebih dari 75% roseola infantum di Indonesia disebabkan virus herpes tipe 6 (HHV-6). Penularan penyakit ini biasanya akibat terkena percikan ludah penderita. Misalnya, tertular dari bayi lainnya ketika Anda membawa bayi periksa kesehatan rutin atau imunisasi di dokter. Bayi yang mungkin menularkan penyakit ini belum tentu menunjukkan gejala. Sebaliknya, bayi yang tertular akan menunjukkan gejala-gejala berikut.
  • Demam antara 39–40°C selama 3 hari. Bila ada riwayat kejang dalam keluarga, demam dapat disertai kejang. Bayi seringkali terlihat lemah tidak bertenaga, rewel, dan cepat mengantuk.
  • Ruam kemerahan muncul setelah demam turun. Ruam bisa muncul di seluruh tubuh, atau hanya pada bagian tertentu seperti sekitar wajah, leher dan dada. Ruam ini tidak berubah menjadi bernanah atau timbul cairan, dan tidak gatal. Mata bayi biasanya berair dan terlihat kemerahan, bibir pecah-pecah. Umumnya, bercak akan berubah warna menjadi hitam kecokelatan, hilang dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu.
  • Lainnya: diare, batuk, pilek dan radang tenggorokan.
  • Komplikasi. Selain kejang, komplikasi lain yang mungkin timbul –meski sangat jarang terjadi– adalah pembengkakan kelenjar limfa di leher dan radang selaput otak (meningitis). Selain itu, dapat pula terjadi komplikasi yang berat seperti radang paru (pneumonia), yang dapat berakibat fatal.
Bedanya dengan campak. Ruam pada roseola infant timbul setelah demam anak turun, sementara pada campak muncul pada saat demam sedang tinggi.

Atasi dengan:
  • Turunkan demamnya. Beri obat penurun demam yang aman untuk anak, seperti asetominofen dan ibuprofen, baik dalam bentuk obat tetes atau sirup. Jangan gunakan aspirin, sebab bila bereaksi dengan virus dapat memicu timbulnya sindroma Reye (menyebabkan pembengkakan hati dan otak).
  • Kompres si kecil. Gunakan handuk atau lap bersih yang dibasahi air hangat. Tidak disarankan mengompres dengan es batu, air dingin, atau alkohol. Juga, jangan memandikan si kecil dengan air dingin.
  • Beri banyak cairan, untuk mencegah dehidrasi akibat demam tinggi dan berkeringat. Cairan yang diberikan bisa berupa ASI, air putih, larutan gula garam, cairan elektrolit (oralit) atau kaldu.
  • Bawa ke dokter atau rumah sakit, bila si kecil kejang, kesadarannya menurun, sesak napas, atau tidak mau makan dan minum.
  • Masa inkubasi penyakit ini rata-rata 5–15 hari, dan umumnya akan sembuh dalam waktu sekitar 1 minggu.
Roseola infantum sering disebut sebagai penyakit ke-6 atau sixth disease. Sebab, gejalanya yang berupa bercak kemerahan pada kulit, mirip dengan lima jenis penyakit lainnya. Urutan lima jenis penyakit yang memiliki gejala serupa itu adalah campak (penyakit 1), penyakit Dukes (penyakit 2), campak Jerman (penyakit 3), penyakit Scarlet (penyakit 4), dan eritrema infeksiosum (penyakit 5). Dari kelima jenis penyakit tersebut, roseola infantum kerap salah didiagnosa dan dianggap penyakit campak Jerman.

Senin, 05 November 2012

Keinginan Anak-anak yg Polos

Pagi menjelang siang dapet broadcast via BBM dari temen...bikin gregel d hatiku...apa gitu ya yg dirasakan anak2, mungkin sekitar seusia Kakak Elena...duh, jadi tambah kangen sama celoteh Kakak yg kadang bikin kami ( aku dan suamiku) tertawa, takjub, walau kadang dongkol kalo dia menirukan cara kami memperlakukannya...ini neh isi BBMnya :

1. Ibu/Ayah, jangan risau apa yang belum bisa kulakukan, lihatlah apa yang sudah bisa kulakukan, lihatlah lebih banyak kelebihanku.

2. Ibu/Ayah, aku memang belum bisa berhitung, tapi lihatlah aku bisa beryanyi dan selalu tersenyum ceria.

3. Ibu/Ayah, jangan keluhkan aku tidak bisa diam, lihatlah energiku ini, bukankah kalau aku jadi pemimpin aku butuh energi sebesar ini.

4. Ibu/Ayah, jangan kau bandingkan aku dengan anak lain, lihatlah aku tidak pernah membandingkanmu dengan orang tua yang lain, aku hanya satu.

5. Ibu/Ayah, jangan bosan dengan pertanyaan-pertanyaanku, lihatlah besarnya rasa ingin tahuku, aku belajar banyak dari rasa ingin tau.

6. Ibu/Ayah, jangan bentak-bentak aku, lihatlah aku punya perasaan, seperti engkau juga memilikinya, aku sedang belajar memperlakukanmu kelak.

7. Ibu/Ayah, jangan ancam-ancam aku, seperti engkau juga tidak suka diancam orang lain, lihatlah aku sedang belajar memahami keinginanmu.

8. Ibu/Ayah, jangan lihat nilaiku yang rata-rata atau biasa saja, lihatlah aku mengerjakannya dengan jujur lihatlah aku sudah berusaha.

9. Ibu/Ayah, aku memang belum bisa membaca, namun lihatlah aku bisa bercerita, pada saatnya aku akan bisa, aku butuh engkau percaya.

10. Ibu/Ayah, aku memang kurang mengerti matematika, tapi lihatlah aku suka berdoa, dan aku senang sekali mendoakan yang terbaik untukmu.

11. Ibu/Ayah, aku memang banyak kekurangan, tapi aku juga punya kelebihan, bantu aku, agar kelak kelebihanku berguna bagi sesama.

12. Ibu/Ayah, hubungan kita sepanjang zaman, bantu aku mengenalmu dengan cara aku belajar bagaimana engkau mengenalku.

13. Ibu/Ayah, aku ingin mengenangmu sebagai yang terbaik, ajari aku dengan melihat yang terbaik dariku, sehingga aku bangga menyebut namamu.

14. Ibu/Ayah, semoga kita punya cukup waktu untuk saling mengenal dan memahami, aku belajar melihatmu dari cara engkau melihatku.


Yah...semoga Ibu dan Bapak bisa memahamimu lebih dari itu ya anak2ku...dan Ibu akan selalu berusaha tidak akan membentakmu..semoga ibu dan bapak bisa selalu mengendalikan emosi kami di depan kalian ya..
Doakan kami ya nak...semoga kami selalu bisa memberikan yang terbaik untuk kalian..

Kami menyayangi kalian berdua anak2...Elena dan Kristo

Jumat, 02 November 2012

Infeksi Saluran Kencing

Kemarin kristo(umur 7 bln) panas tinggi, trus kita bawa k rs yg bukan biasanya n sama dokter yg bukan biasanya pula..setelah bbrp saat pemeriksaan, dokterpun memberikan bbrp kemungkinan penyakitnya n menyarankan untuk di opmane...secara bersamaan aku dan suami kebingungan klo harus di opname...mengingat kami d rumah tidak ada pembantu, ortu kami d luar kota semua..klo adik harus diopname, trus kakak gmn? yg nyiapin keperluan kakak gimana, bobonya kakak jga sama siapa??sebenarnya bisa sie kami dibagi ibu d rs sama adik n kakak d rumah sama bapak...tapi kalo kakak nyariin adik gmn?trus minta bobo sama ibu gmn??duh...bingung...akhirnya kami minta waktu untuk berpikir n dokter memberikan obat2nya
Sejenak kami berunding d luar..pikiran kami kalut..(agak lebay ya???hehehe) akhirnya kami berdua memutuskan mencari second opinion ke dokter yg langganan kakak ( kebetulan adik baru kali ini sakit) dan rumah sakit andalan kami... maka langsung kami meluncur kesana, untung dokternya masih praktek( soalnya sudah siang jga)...
Setlah diperiksa dengan seksama n kami menceritakan kejadian sblmnya...akhirnya dokter sp anak andalan kami memutuskan untuk mengobservasi 2 hari lagi, klo masih panas jga baru diopname...ahhh...lega sekali kami berdua, ga perlu opname si adik...(duh bayangin adik opname, kasian banget, tangan kecilnya diinfus duh duh...ga tega bgt deh) dan dokter jga ngasih surat pengantar utk di opname jga tiba2 adik panas tinggi...
trus dokter menganalisa kemungkinan adik terkena infeksi saluran kencing...mengingat adik tiap hari pake pampers dari pagi sampe malam...duh, maafin ibu ya dek...gara2 ibu malas jadi adik yg kena deh..
trus biasalah googling sana sini nyari artikel tentang isk trus dapet dari bbrp sumber :

Bayi yang sering menggunakan popok memiliki risiko terkena ruam popok. Tapi ternyata tak hanya ruam popok saja, karena pada kondisi tertentu bisa membuat si kecil terkena infeksi saluran kencing.
Infeksi saluran kencing (urinary tract infection/UTI) lha kok kayak panggilan buat neneknya yak??xixixi terjadi ketika ada bakteri yang menginfeksi ginjal, kandung kemih, uretra atau bagian lain dari saluran kemih. Bakteri yang bisa menyebabkan infeksi biasanya masuk melalui uretra dan melakukan perjalanan ke kandung kemih, ginjal dan bagian lain di saluran kemih.

Meski demikian bakteri ini bisa dihilangkan dari saluran kemih sebelum menimbulkan infeksi, dan anak perempuan lebih memungkinkan terkena infeksi saluran kemih dibandingkan dengan anak laki-laki.

Dr Frankowski mengatakan ketika UTI yang terjadi cukup serius, anak juga bisa mengalami demam. Tapi sayangnya kebanyakan UTI biasanya tidak disertai dengan demam.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, yaitu:

  1. Cucilah tangan sebelum dan sesudah mengganti popok.
  2. Usahakan untuk selalu menyediakan segala keperluan saat mengganti popok, ini untuk mencegah bayi berjalan-jalan atau menyentuh permukaan lain.
  3. Pastikan bayi selalu berada dalam kondisi tubuh yang bersih dan tidak lembab.
  4. Saat melepaskan popok, bersihkan seluruh permukaan kulit secara merata dari depan ke belakang untuk menghindari infeksi. Usahakan untuk selalu membersihkan lipatan-lipatan di kulit bayi.
  5. Jika terdapat ruam, maka hentikan penggunaan popok dan oleskan salep untuk menghilangkan ruam.
  6. Buanglah popok dan tisu atau kapas yang digunakan untuk membersihkan kulit dengan benar.
  7. Sering-seringlah mengganti popok dan usahakan untuk selalu menjaga agar popok tidak terlalu basah atau tetap kering.

Si Monter Keju

Kakak lagi seneng2nya makan keju...tapi kejunya ga mo yg irisan tipis2...maunya makan sambil ngrikitin sebatang keju utuh..bilangnya "aku mau jadi kayak tikus"
Xixixi...gara2 pas pertama dia buka2 kulkas sendiri, pegang sana pegang sini, tanya sana tanya sini.." ini apa bu? ini apa bu? itu apa? " trus sampailah k keju yg kusimpan d kulkas...terjadi perbincangan:
Kakak : " ini apa to bu?"
Ibu : " itu keju kak.."
Kakak : " Kakak mau ya...boleh?"
sambil mikir, boleh ga ya?
Ibu : " ehmm iya boleh, tapi ibu irisin dulu ya..."
Kakak : " ga mau...mau gini aja," sambil buka tuh kemasan alu foil nya n mulai memakan ujung kejunya...
Ibu : " Ih, kakak kok kayak tikus?"
malah lari ke ruang tivi sambil teriak nyari bapaknya " Bapak !!! Kakak mau jadi kayak tikus dulu..." trus duduk d depan tivi sambal makan tuh keju...


Senin, 08 Oktober 2012

Kegiatan Sepulang Gereja Minggu

Habis pulang gereja minggu pagi 7 Oktober 2012...ini dia kegiatan masing-masing
Kemayu banget deh...

Cantik'e....
Kakak Elena jadi modelnya Bapak bergaya sama isel dan melcy...sedangkan adik Kristo :

Gaya bobo mlungker

Nyenyak amat Dek?
Sedangkan adik Kristo bobo nyenyak sambil mlungker...hihhhhh gemezzzzzzzzzzzzzz.....

Jumat, 05 Oktober 2012

Bear pink bernama ISEL

Kemarin pagi ada kerabat yg datang dari jakarta, bawain hadiah boneka bear berwarna pink buat Kakak Elena...biasa, Kak Elena klo di depan orang yang ngasih ga mo nerima, tapi gliatin ibunya berharap ibunya yang nerimain...xixixi, tuh anak pemalu klo sama orang baru...nah karena pagi2 buru2 mo berangkat sekolah, makanya bonekanya lom dibuka dan ditinggalin aja dirumah dulu...
Sorenya pas Kakak nyampe rumah, minta dibukain tuh bungkus bonekanya...trus dipegangin, eh minta difotoin bareng ma tuh bear...tapi tetep boneka kesayangannya yg bernama MELCY (pdhl matanya dah ilang 1) diajakin foto juga...xixixi lucu juga neh bocah...nah si bear pink tadi kami namain ISEL
Melcy-nya nyempil diantara kakak dan isel

Kebanyakan gaya, fotonya jadi blur...hehehe

Gayanya duh duh....

Lahirnya Kristo

Ehmmm...lama juga ya ga update,hampir seumur Kristo lebih,malah lebih tuaan updatenya...wkwkwk
Sebenernya banyak yang mo di critain, sampe binging mo mulai dari mana dulu...

Mulai dari kisah lahirnya Kristo kali ya?
Nah, jumat sore tgl 13 April 2012 aku mulai keluar flek2..makanya ku tungguin kontraksinya...tapi kok ga muncul2 ya,akhirnya di sambi nyiapin perlengkapan melahirkan...sampe malem kok lom ada tanda2..ya udah ditinggal tidur dlu..
Paginya yg ditunggu ga nongol2 jga...akhirnya siang2 muncul kontraksi, tp bentar2 aja...trus selang waktunya jga lama, sekitar 1jam...lama2 per 30 menit...tapi sampe sore pun ga nambah2 sering tuh kontraksi..
akhirnya kami sepakat d periksain ke SpOG...dan sampelah d rumah sakit...biasa,dsana sudah mengantri....untung kontraksinya ga sakit...
Nah, giliranku di periksa...agak deg2an jga...hehehe..sama SpOG d periksa dalam, katanya dah bukaan 2..trus, katanya krn dah bukaan 2 n ga ada penambahan kontraksi, beliau menganjurkan untuk diinduksi...(waduh, induksi???kata orang sakit banget.... hikzz) tapi ya gimana lagi, nurut aja deh ma SpOGnya...
Jam 19.00 ma suami milih kamar...trus jam 19.30 WIB masuk k ruang bersalin dan mulai di infus..ehhmmm awalnya lom berasa sama sekali...jm 20.00 WIB mulai bereaksi..aku ditungguin ma suamiku selama di induksi, kontraksi dan proses persalinan...
Saat kontraksi yg "mengesankan" itu, pernafasan yg baik sangat diperlukan...nah beruntungnya aku, suamiku dengan senang hati membantu dan memandu pernafasanku..makasih banyak ya Bap...

Jam 21.15 WIB putra kedua kami lahir...


Rasanya lega banget...
Selamat datang anakku...tapi namanya belum fix...kami berdua masih bingung...klo nama baptis dan nama belakang kami sudah siapkan, cuma nama tengahnya saja yg belum dapat...nah, akhirnya karena hari itu hari Sabtu, 14 April menurut Gereja Katholik adalah hari pesta Kerahiman Ilahi kami memberikan nama tengah Faustin (dari Santa Faustina) dan nama lengkapnya adalah
                 Mikael Faustin Kristoputra
dan kami memanggilnya KRISTO
Bahagianya keluarga kami...kami di karuniai sepasang anak yg cantik dan ganteng..Terima Kasih Tuhan...



Rabu, 07 Maret 2012

Kejadian Sepulang Kerja

Ehmmmm...topiknya masih tentang pembantu tukang pijet lagi neh...kadang kupikir ngapain sie aku nulis tentang pembantuku di blog?yah...ini kan blog pribadiku...kadang enak juga curhat lewat tulisan...

Nah, kejadian tadi malem bikin aku rada mbededeg (bhs indonesianya dongkol kali ya??) gimana enggak??

Pulang kantor dikasih tau tetangga ada arisan dasawisma (dawis) setelah magrib tadinya aku memutuskan untuk berangkat, pikirku mumpung Elena ada mak'e (panggilan untuk pembantuku) yg momong, jadi aku bisa berangkat dawis, lumayanlah bisa ngumpul sama ibu2 tetangga...eh, ternyata tdk berselang lama ada salah satu ibu2 tetanggaku nyariin mak'e, ternyata mau minta di pijit jam 7 malam...mak'e mengiyakan tanpa tanya2 dulu padaku, apa aku ada acara ato tidak...dan ternyata sebelumnya sudah ada tetangga yang lain yang minta pijit juga sebelum ibu2 yang datang tadi...dalam hatiku busyet deh ne orang jam terbangnya tinggi, dalam waktu semalem aja ada 2 orang minta pijet..

Aku sie sengaja diem aja, ternyata mak'e mengiyakan permintaan 2 orang tadi untuk minta pijet...alhasil mak'e langsung masuk, mandi dan berangkat pergi sblm magrib tanpa bertanya apa aku ada acara ato tidak..dan herannya lagi dia ga bilang mijet kemana yg pertama...cuma pamit mo mijet dulu...Duhhhh, dongkol banget aku..kok kayak'e majikannya ga dianggep ya???

Akhirnya aku rembugan ma suami, klo aku ga usah berangkat dawis aja..kasian klo Elena ditinggal berdua aja ma suami, kebetulan sore ini suamiku baru pulang dari luar kota, kan capek, klo momong sendirian nanti kecapekan...akhirnya aku nitip arisan aja ma tetangga sebelah...

Ya sudah, akhirnya kami di rumah bertiga, aku, suamiku dan Elena...kami berdua bersama-sama momong Elena, saling bantu gitu deh...soalnya kalo aku sendirian yg momong juga dah kerepotan, mengingat kondisi kehamilanku sudah besar dan ga bisa selincah dulu untuk mengikuti gerakan Elena..

Sampai Elena tidur dan aku juga ikutan tertidur, ga tau mak'e pulang jam berapa..yang pasti malam harinya sktr jam 11 malam saat Elena minta susu, aku kebingungan mencari botol susu yg masih bersih dan siap di pakai. Ternyata setelah kucari ke bak cucian, semua botolnya Elena dari tadi pagi belum dicuci...ampun deh neh pembantu!!!!!!! bikin gemes aja...kesannya kok dia nelantarin kerjaan utamanya dia??pdhl di sini juga aku yg gaji dia...klo rumah lom diberesin juga dah biasa..klo sore sampai malem, pasti rumah ga pernah rapi..

Harus di apain sie pembantu kayak gini ini???klo di tegur ntar pikirnya aku iri ma uang hasil pijitnya??ato malah marah??Capek banget aku ngerasainnya...

Dah gitu tadi pagi bangunnya siang, masak sie pembantu bangun jam 5.30 WIB, dulu aja pas awal2nya bangun jam 4.30WIB??padahal aku berangkat kerja jm 07.00 WIB ...Kadangn duluan aku yang bangun...Wahhhhh...mulai ga beres ne pembantu???tul ga???Rasanya gemes banget deh...

Dilema Punya Pembantu Tukang Pijet

Punya pembantu tukang pijet emang ada enaknya ada enggaknya...Jadi gini, pembantuku ini kan dah ikut keluargaku sekitar setahun yg lalu..

Awalnya sie klo dia mo mijit, aku ga masalah asalkan kerjaan rumah dah beres n anakku ada yang jaga..harusnya kan gitu..nah awal2nya jga gitu, klo mo mijit biasanya kerjaan rumah beres…dan sebelumnya ngomong dulu ma aku..apa aku ada acara ato tidak dan dia bisa keluar apa tidak..lagian saat itu aku lom hamil lagi…Kalo kondisi sekarang dia mulai berubah, mungkin juga karena anakku dah besar dan mulai bikin capek yang momong…Sekarang klo ada orang yg minta di pijet, tau tau sudah ganti baju , baru pamitan n siap pergi ga nanya2 dulu apa dia bisa pergi…kadang rumah ditinggal dalam keadaan masih berantakan, pdhl jga aku sedang hamil besar, lebih gampang capek..Ato karena sudah lama ikut, dia piker gapapa ninggal2 rumah begitu saja…

Kadang aku ma suami yang akhirnya ngalah…jadi kalo aku dan suami mau ada acara malahan yang harus ngomong ma dia beberapa hari sebelumnya, biar dia klo ada yang minta pijet bisa nolak dulu…uhhhh capek dech…memang sie, klo dia mijet kan dia dapet penghasilan tambahan..toh aku jga ga pernah mau tau dia dapet berapa n ga pernah minta persenan juga..

Punya pembantu itu bener2 dilema..kadang dieman, eh orang nya ga tau dieman malah ngelunjak..klo di galakin dikit aja ato kesindir dikit aja langsung main pulang ga mbalik lagi n ga kasih kabar..
Kadang tuh bingung juga ma pembantu..di rumah aku ma suami jarang sekali perintah ini itu..klo masih bisa dilakukan sendiri ya dilakukan sendiri..kok ya masih aja kurang, pdhl gaji klo di bandingin ma pembantu yg lain dah lumayan jga, tiap bulan pulang kampung….klo awalnya 2 hari semalam, sekarang seringnya 2 hari 2 malam…jadi sabtu pagi pulang kampung, senin pagi baru balik lagi..dan gaji tidak pernah dipotong….kalo ada acara di kampung, seringnya dia main pulang2 mendadak..entah yg besannya sakit, trus besannya meninggal jga minta cuti bbrp hari..malahan pas anaknya melahirkan dia bilang mo bbrp hari saja cutinya, ga sampe 1 minggu…eh malah 2 minggu…selama 2 minggu itu aku dan suamiku serabutan antara momong anak dan kerja…

Yah, ini sie hanya curhatan seorang istri dengan 1 anak berumur 20 bulan dan sedang hamil 7,5 bulan dengan perut besar..yah, klo ada yg mau coment ato ngasih saran boleh, silahkan saja, akan sangat membantu sekali…