Jumat, 27 Mei 2011

Flu Singapore

Weww...namanya keren...apa serem ya???apaan sie itu?
Yah itu adalah nama sebuah penyakit..flu singapore adalah nama keren dari penyakit kaki tangan mulut (KTM).
Kenapa, bagaimana saya tahu tentang penyakit ini? wah, ini gara2nya Elena yang terserang (kata DSAnya Elena dan obatnya juga manjur, makasih ya Dokter), sekitar beberapa minggu yang lalu..Rasanya sedih sekali kalau putri kecilku ini sakit...kadang sampai kenapa bukan saya saja yang sakit??eh, tapi ya jangan juga ding...mendingan sehat sehat semua saja ya....biar hari harinya ceria...
Nah setelah mencari tau, searching sana searching sini dapet juga deh artikel2 tentang penyakit itu..(tapi maaf ya, saya lupa alamat web maupun asal tulisan ini dari mana, soal'nya langsung save2 aja....maap yah...)

Apa sie Flu Singapore itu?

Flu Singapore di Indonesia dikenal dengan nama penyakit kaki, tangan dan mulut (KTM) atau bahasa inggrisnya Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD)..
Istilah Flu Singapore muncul karena saat itu terjadi ledakan kasus dan kematian akibat penyakit ini di Singapore. Karena gejalanya yang mirip flu, dan kebetulan saat itu terjadi di Singapura dan yang kemudian juga terjadi di Indonesia, karena banyak yang membuat istilah flu Singapore, walaupun ini bukan terminologi yang baku.
Apa Aja sie Penyebabnya?

Ini adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam famili Picornaviridae (Pico, Spanyol = kecil ), Genus Enterovirus ( non Polio ). Genus yang lain adalah Rhinovirus, Cardiovirus, Apthovirus. Di dalam Genus enterovirus terdiri dari Coxsackie A virus, Coxsackie B virus, Echovirus dan Enterovirus.
Penyebab yang paling sering pada pasien rawat jalan adalah Coxsackie A16, sedangkan yang sering memerlukan perawatan karena keadaannya lebih berat atau ada komplikasi sampai meninggal adalah Enterovirus 71. Berbagai enterovirus dapat menyebabkan berbagai penyakit.
(Hedeeeeewwwww...bahasa biologinya banyak amat ya???jadi inget jaman SMA waktu di kelas 3 IPA..padahal dulu pas SMA ga bahas tentang penyakit ini, tapi yah...ada sie, bahasa gitu-gituan...hehehehehe)
 
Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi dalam musim panas. Flu Singapore adalah penyakit yang kerap terjadi pada kelompok masyarakat yang padat dan menyerang anak-anak usia 2 minggu sampai 5 tahun ( kadang sampai 10 tahun ). Orang dewasa umumnya lebih kebal terhadap enterovirus, walau bisa juga terkena.
Penularannya melalui jalur fekal-pral (pencernaan) dan saluran pernapasan, yaitu dari droplet (butiran ludah), pilek, air liur, tinja, cairan vesikel (kelainan kulit berupa gelembung kecil berisi cairan) atau ekskreta. Penularan kontak tidak langsung melalui barang, handuk, baju, peralatan makanan, dan mainan yang terkontaminasi oleh sekresi itu. Tidak ada vektor tetapi ada pembawa (carrier) seperti lalat dan kecoa.
Penyakit ini memberi imunitas spesifik, namun anak dapat terkena penyakit ini lagi oleh virus strain Enterovirus lainnya.
Masa Inkubasi 2 - 5 hari

Trus Gejalanya gimana sie???

Mula-mula demam agak tinggi 2-3 hari (waktu itu Elena sampai 40 derajat Celcius), diikuti sakit leher (faringitis), tidak ada nafsu makan, pilek, gejala seperti flu pada umumnya yang tak mematikan. Timbul vesikel yang kemudian pecah, ada 3-10 ulkus di mulut seperti sariawan ( lidah, gusi, pipi sebelah dalam ) terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan.
Bersamaan dengan itu timbul rash/ruam atau vesikel (lepuh kemerahan/blister yang kecil dan rata), papulovesikel yang tidak gatal ditelapak tangan dan kaki. Kadang-kadang rash/ruam (makulopapel) ada dibokong. Penyakit ini umumnya akan membaik sendiri dalam 7-10 hari, dan tidak perlu dirawat di rumah sakit.

Lalu gejala apa yang perlu dirawat dirumah sakit???

Gejala yang cukup berat tersebut antara lain :
- Hiperpireksiayaitu demam tinggi dengan suhu lebih dari 39 C. 

- Demam tidak turun-turun 
- Takikardia (nadi menjadi cepat) 
- Takipneu, yaitu napas jadi cepat dan sesak
- Malas makan, muntah, atau diare berulang dengan dehidrasi.
- Letargi, lemas, dan mengantuk terus
- Nyeri pada leher, lengan, dan kaki. 
- Kejang-kejang, atau terjadi kelumpuhan pada saraf kranial 
- Keringat dingin 
- Fotofobia (tidak tahan melihat sinar) 
- Ketegangan pada daerah perut
- Halusinasi atau gangguan kesadaran

Komplikasi penyakit ini adalah :
- Meningitis (radang selaput otak) yang aseptik 

- Ensefalitis (radang otak)
- Myocarditis (Coxsackie Virus Carditis) atau pericarditis
- Acute Flaccid Paralysis / Lumpuh Layuh Akut (Polio-like illness )
Nah, ini cara pengobatan yag bisa dilakukan, mengingat penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya (hanya butuh waktu dan daya tahan tubuh penderita) :
1. Istirahat yang cukup
2. Pengobatan spesifik tidak ada, jadi hanya diberikan secara simptomatik saja berdasarkan keadaan klinis yang ada.
3. Dapat diberikan :
- Immunoglobulin IV (IGIV), pada pasien imunokompromis atau neonatus
- Extracorporeal membrane oxygenation.
4. Pengobatan simptomatik :
- Antiseptik di daerah mulut
- Analgesik misal parasetamol
- Cairan cukup untuk dehidrasi yang disebabkan sulit minum dan karena demam
- Pengobatan suportif lainnya ( gizi dll )

Nah semoga berguna ya bagi bunda - bunda yang memiliki anak kecil yang terkena penyakit flu singapore ini...jangan panik dulu ya....


11 Bulan

Elenaku...besok, 28 Mei 2011 genap berumur 11 bulan...
Waktu serasa cepat sekali berjalan...ternyata sudah 11 bulan lalu saya melahirkan...ehmmm, rasanya sie baru kemarin kemarin aja...hehehehe
Elena sudah bisa apa aja neh?????
Sekarang Elena sudah belajar jalan, tiap pagi dan sore selalu minta tetahan keluar rumah, berinteraksi dengan teman - teman sebaya dan juga eyang - eyang yang ada di kompleks perumahan...
Hi hi hi...kadang lucu liatnya, jalannya masih geal geol..gendal gendol...
Sudah mulai berkicau juga ( emangnya burung ya berkicau?)...hehehehe
Hobinya ngemil biskuit...hehehe kayak uti ma ibunya aja, hobinya ngemil...
Sudah bisa di ajak belanja...(tuh fotonya juga lagi belanja, tapi kalau ga salah ini pas umurnya 10 bulanan...)
Suka jogat joget..goyang kanan kiri..lucunya lagi tuh ya, klo ada pedagang roti atau pedagang apa aja yg lewat, tapi yang ada bunyinya kenceng, pasti ikutan jogetan...hihihihi...padahal kita ga beli dagangannya, cuma numpang dengerin musiknya aja...hehehehehe...maap ya pakde2 pedagang, cuma mo biasain Elena ga jajan yg lewat depan rumah...
Oya, Elena juga dah bisa turun dari tempat tidur sendiri...padahal tempat tidurnya lumayan tinggi...(pinter juga ne anak ya?)
Ehmmm...suka juga naik tangga ke lantai 2, tapi kalau tangga lom bisa turun sendiri...masih naik naik terus...hihihihi
Yah, itu dulu aja deh ya.....



Our Journey

Daisypath Anniversary tickers